Sabun Pepaya Sanggup Memutihkan Kulit? Fakta atau Mitos?

Sumber Gambar

Indonesia dan negara tropis lainnya termasuk mujur, karena pepaya adalah buah tipikal daerah dua musim dan tumbuh secara regular. Mengapa kita termasuk beruntung?

  1. Karena pepaya adalah buah yang selalu siap sedia.
  2. Murah meriah, dan.
  3. Kandungannya—enzim papain—manfaatnya ekstra super. Enzim ini diklaim sebagai zat aktif yang mampu mengoyak kulit mati.

Pengelupasan

Shirley Gillett mengatakan dalam sebuah artikel “Made Right for Your Skin Type’, sabun pepaya sangat powerful untuk merontokkan kulit mati. Jadi ada 2 benefit esensial:

  1. Exfoliating properties, sehinggga bisa mengenyahkan kulit-kulit usang.
  2. Meremajakan kulit kering dan bersisik.

Mengapa demikian? Karena kandungan papain jika dikombinasikan dengan air akan mengkatalisasi protein.

Sumber Gambar

Acne Relief/ Mengurangi Jerawat

Berdasarkan buku “Healing Power of Papaya” oleh Barbara Simonsohn, exfoliating properties atau zat pengelupasannya menjadi sangat efektif untuk kulit berjerawat. Alasannya, karena penyebab elementer jerawat adanya kulit mati yang bertendensi menyumbat pori-pori. American Academy of Dermatology melaporkan bahwa:

  1. Sel-sel kulit mati.
  2. Kelebihan minyak sebum.

Sumber Gambar

Bisa menumpuk di dalam folikel rambut, menyebabkan terbentuknya jerawat, ketika SEHARUSNYA proses kulit beregenerasi secara alami sebagai mestinya. Ini bisa diobati dan dieliminasi via pengelupasan manual.

Menghapus Noda    

Berdasarkan “Papaya: The Medicine Tree” by Harald W. Tietze, kemampuan spesial dari pepaya adalah SANGGUP memecah protein. Oleh karena itu, SANGAT BERMANFAAT untuk menghilangkan noda membandel. Caranya? Hanya dengan menggosok permukaan kain. Bahkan noda darah—yang kandungan proteinnya sangat jangkung itu—sekalipun bisa memudar.

Insect Sting Pain Relief/ Mengurangi Rasa Sakit Akibat Sengatan Serangga

Mayoritas merek pelunak daging, memasukkan esense pepaya karena kemampuannya yang tokcer, apalagi yang berhubungan dengan kuliner. Editor dari Reader Digest yang menulis tentang 1.801 Home Remedies, cara mengobati gatal dan sakit yang disebabkan oleh sengatan dan gigitan serangga adalah dengan mengusapkan pelunak daging yang dicampur dengan air, dan ini terbukti valid. Treatmentnya adalah dengan memecah racun yang menyebabkan rasa sakit, gatal dan bengkak.

Sumber Gambar

Meskipun jika menggunakan pelunak daging efeknya jauh lebih ekspres, namun, berdasarkan Simonsohn, hanya dengan mengoleskan dan dibersihkan dengan sabun pepaya pun udah cukup kok.

Skin Lightening/ Pencerah Kulit

Memang sih, ini belum diverifikasi melalui uji klinis, namun, sekali lagi berdasarkan penuturan Simonsohn, asumsi ini udah ada bukti anekdot-nya. Kebanyakan strategi pemasaran yang digunakan selalu aja pake klaim tersebut. Pakailah secara regular, dan kulit pun kinclong nan transparan. Realitanya, nggak diragukan, papain memang tidak bekerja secara kimia seperti halnya krim pemutih kulit, tetapi, lapisan epidermis luar kulit yang kecokelatan atau rusak karena sinar matahari bisa dikelotok oleh enzim papain. Sehingga, lapisan kulit yang lebih terang dan cerah di bawahnya bisa eksis.

Kesimpulan

Ketika papain berbentuk konsentrat, doski tampaknya menjadi maestro sebagai pengelupas kulit peringkat perdana. Dia pokoknya juarak. Jika digunakan dalam durasi lama dan berbulan-bulan, artinya jikalau Anda memakainya secara konsisten, bintik-bintik gelap akan mengabur dan kulit menjadi glowing dan sehat.

Sumber Gambar

Latex Warning/ Peringatan Lateks

Ada lateks dalam papain. Jika Anda alergi terhadap lateks, Anda harus menghindari produk apa pun yang ada kandungan ekstrak pepayanya, karena reaksinya lumayan parah lho. Pada 2008, FDA membatasi pemasaran produk yang mengandung papain karena alasan ini. Selain itu, lateks telah dicurigai memicu kontraksi prematur pada wanita hamil, sehingga selagi hamil produk ini mau tak mau mesti disisihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *