Tips Kurus Cara Menyingkirkan Lemak

Tips-Kurus-Cara-Menyingkirkan-Lemak

Tips kurus cara menyingkirkan Lemak? Memangnya ada? Mari kita rekap pembicaraan kita sebelumnya.

  1. Untuk membunuh diet yoyo Anda harus MEMPERBAIKI METABOLISME TUBUH ANDA YANG TELAH RUSAK (Menghilangkan Resistensi Insulin)
  2. Bagaimana caranya?
    • Dengan diet rendah karbohidrat tinggi lemak (LCHF)
    • Atau dengan Intermittent Fasting

Kemarin kita telah membicarakan sekilas tentang diet rendah karbo tinggi lemak. Kali ini saya akan membahas sekilas juga tentang Intermittent Fasting. Namun, hal terpenting yang perlu Anda camkan jika Anda memilih diet Tinggi Lemak Rendah Karbo adalah

Makanlah Lemak Ketika Lapar

Jangan pernah lapar. Kesalahan terbesar ketika memulai diet rendah karbo adalah dengan menghilangkan asupan karbo sekaligus tetap merasa takut untuk mengonsumsi makanan LEMAK TINGKAT TINGGI! Ini salah. Anda pasti akan menderita. Jadi bagaimana diet yang benar?

Begini.

Sumber dari energi kita adalah

  1. KARBOHIDRAT
  2. LEMAK

Dan kita harus memilih salah satu di antaranya. Dengan menghilangkan keduanya artinya Anda telah mengundang lapar.


Rendah Karbo dan Rendah Lemak = KELAPARAN

Dengan menghindari baik karbo ataupun lemak, hasilnya adalah Anda akan merasa lapar, mengidam makanan tertentu dan lemas. Cepat atau lambat manusia akan angkat tangan dan menyerah. Jadi solusinya adalah Memakan Lebih Banyak Lemak Natural sampai Anda merasa puas.

Contoh lemak natural adalah:

  • Mentega
  • Krim Full Fat
  • Olive oil
  • Gajih daging
  • Ikan Berlemak
  • Bacon
  • Telur
  • Minyak Kelapa, dan lain-lain sebagainya

Tips dari saya. Saya meminum sesendok makan minyak kelapa pada saat saya merasa lapar, diikuti dengan meminum banyak air putih. Ini membuat saya tidak menderita, dapat berkonsentrasi maksimal, dan tidak merasa lemas sama sekali.

Sekarang kita beranjak ke metode kedua untuk menurunkan insulin yaitu

INTERMITTENT FASTING

Seperti yang sering saya sebutkan, penyebab utama kegemukan dan diabetes tipe dua adalah hormon INSULIN. Jadi kunci agar bisa menjadi langsing adalah kita harus meminimalisir insulin, tetapi BUKAN DENGAN MENGURANGI KALORI.

Diet tepung atau gula mungkin trik yang cukup memadai, tapi seringnya, ini saja kurang mempan. Dan jawabannya adalah, pasti Anda telah dapat menebaknya yaitu Anda harus PUASA.

Deskripsi klasik tentang fisiologi puasa telah ditulis oleh Dr. George Cahill. Sesungguhnya, puasa adalah fase dimana tubuh kita mengubah kerjanya dari membakar gula menjadi membakar lemak.

Pada tahap pertama, kebanyakan tubuh menggunakan exogenous glucose. Tahap kedua dan ketiga, tubuh akan membakar glikogen (gula yang disimpan) yang menyediakan cukup banyak glukosa yang dibutuhkan. Kebanyakan jaringan tetap menggunakan gula, tetapi hati, otot, dan sel lemak mulai membakar lemak.

Pada tahap 4 dan 5, glikogen yang disimpan mulai habis. Hati dan ginjal mengalami gluconeogenesis dan sekarang menyediakan semua gula, tetapi hanya untuk otak, sementara sel darah dan renal medulla (bagian dalam dari ginjal) menggunakan gula.

Segalanya akan berubah membakar lemak. Pada tahap lima, otak lebih banyak membakar lemak dan formulanya di tubuh adalah berupa keton. Hanya sejumlah kecil gula yang dibutuhkan untuk sel darah merah.

You can see that the origin of the blood glucose gradually switches from exogenous (dietary) to gluconeogenesis made from glycerol.  Fat is mostly triglyceride, which contains one glycerol backbone and three fatty acids of varying lengths.

Kebanyakan jaringan di tubuh mampu untuk menggunakan asam lemak sebagai bahan bakar. Di tahap 5, hanya otak dan sel darah merah yang membutuhkan glukosa. Jadi semuanya yang ada dalam tubuh mendapatkan bahan bakar dari lemak, bukan gula.

Anda dapat melihat efek dari ini adanya konsentrasi Asam Lemak Bebas atau Free Fatty Acid (FFA) di darah dan merespon puasa (ini dinamakan kelaparan/ starvation). FFA level di plasma akan meroket hampir undetectable. Keton yang berfungsi memberi makan otak adalah betahydroxybutyrate and Acetoacetate dimana juga menunjukkan adanya peningkatan.

Tips-Kurus-Cara-Menyingkirkan-Lemak
Sumber Gambar: Samantha Hurley from Burst

Trigliserida akan dipecah menjadi glycerol backbone dan 3 asam lemak. Asam lemak digunakan langsung oleh tubuh. Gliserol yang ada di liver diubah dari glukosa dengan proses yang dinamakan gluconeogenesis. Selain daripada itu, lemak juga mampu menyediakan sejumlah kecil gula untuk otak, sel darah merah dan renal medulla. Kamu tidak perlu untuk memecah otot untuk proses ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana  cara melakukan PUASA INTERMITTENT, apakah sama dengan puasa ala islam?

Ada beberapa panduan melakukan  puasa. Namun untuk lebih ringkasnya saya bagi ke dalam dua kelompok besar:

  1. Puasa dalam jangka waktu panjang ( lebih dari 24 jam) dan ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat.
  2. Puasa dalam jangka waktu pendek (kurang dari 24 jam)

Tips Kurus Cara Menyingkirkan Lemak. Inilah 8 tips ciamik untuk melakukan Intermittent Fasting

  1.  Minum air putih: Memulai hari di pagi hari dengan minum 8 gelas air putih atau infuse water.
  2.  Tetap sibuk: Ini akan membantu pikiran Anda teralihkan dari makanan. Oleh karena itu lebih baik memilih puasa pada hari yang kerja yang sibuk dibandingkan di saat hari santai.
  3. Kopi adalah supresan nafsu makan yang ringan. Teh hitam, teh hijau, kaldu tulang, infuse water, apple cider vinegar, air lemon juga membantu.
  4. Sadari lapar akan datang seperti gelombang di pesisir pantai: Rasa lapar datang dan pergi, ini tidak akan terasa selamanya. Pada saat ini menyerang Anda, minum segelas air atau kopi hangat. Seiring berjalannya waktu, rasa lapar Anda akan hilang.
  5. Jangan bicara kepada siapa pun bahwa Anda berpuasa: Kebanyakan orang mungkin akan menertawakan Anda, apalagi jika mereka tidak mengerti manfaatnya.
  6. Beri waktu untuk diri Anda setidaknya selama satu bulan: tubuh Anda butuh beradaptasi dengan puasa. Beberapa waktu di awal mungkin terasa berat, maka bersiaplah. Jangan menyerah. Karena semakin lama akan menjadi lebih mudah.
  7. Ikuti diet bernutrisi pada saat hari tidak berpuasa: puasa intermittent bukan berarti Anda dapat memakan makanan sampah apa pun setiap hari. Selama tidak berpuasa, tetap berpegang teguh pada anjuran bebas gula dan bersih dari refined karbohidrat (tepung).
  8. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa: berpura-puralah ini tidak pernah terjadi. Makan normal, seolah-olah Anda tidak sedang berpuasa.

Terakhir dan yang terpenting adalah jadikan puasa ini selaras dengan gaya hidup Anda! Jangan membatasi diri Anda untuk bersosialiasi hanya gara-gara Anda sedang puasa. Atur jadwal puasa hingga cocok dengan gaya hidup Anda. Ada saat di mana Anda tidak mungkin berpuasa: liburan, pernikahan, pesta. Jangan mencoba puasa saat perayaan ini. Saat ini adalah waktu dimana Anda bisa rileks dan enjoy. Setelahnya, sebaiknya, Anda meningkatkan durasi lamanya puasa Anda sebagai kompensasi. Atau lebih baik Anda berpuasa setiap hari. Sesuaikan jadwal puasa dengan apa saja yang cocok dengan gaya hidup Anda.

Tips Kurus Cara Menyingkirkan Lemak. Apa yang diharapkan

Sesungguhnya kehilangan berat badan berbeda untuk setiap orang. Lebih lama Anda telah mengalami obesitas, lebih sulit Anda menghilangkan berat badan. Beberapa obat juga mungkin menyebabkan Anda sulit untuk menurunkan berat badan. Anda harus persisten dan sabar.

Anda mungkin akan mengalami a weight-loss plateau secara berkala. Ubah cara berpuasa Anda, atau regimen diet Anda, atau mungkin keduanya, itu mungkin bisa membantu. Beberapa pasien dr Jason Fung telah menaikkan puasa dari 24 jam menjadi 36 jam , atau mencoba sampai 48 jam. Beberapa mungkin mencoba makan sekali setiap hari. Mungkin mencoba untuk puasa selama seminggu penuh. Ubah terus protokol puasa agar dapat mengubah plateau.

Puasa tidak berbeda dengan skill lain dalam hidup. Praktik dan dukungan akan membuat semuanya berjalan lancar. Apalagi bagi masyarakat muslim Indonesia yang sudah terbiasa berpuasa puasa ramadhan pasti akan menganggap ini cukup mudah. Meskipun puasa selalu ditakuti dan ditolak oleh badan nutrisi pada umumnya karena diangap sulit dan berbahaya, faktanya sungguh berbeda.

Bagaimana dengan saya?

Saya memilih berpuasa dibandingkan dengan Diet Tinggi Lemak Rendah Karbo. Tapi saya padankan dengan bulletproof coffee intermittent fasting. Mengapa begitu, karena lemak murni seperti virgin coconut oil tidak menaikkan insulin, sehingga tidak dianggap curang.

Ini yang saya lakukan:

  1. Bangun tidur saya meminum kopi diakhiri dengan sesendok makan minyak kelapa. Ini memberikan efek kenyang dan rasa enak.
  2. Sampai kantor saya makan normal seperti pada umumnya orang Indonesia (nasi dan lauk pauk)
  3. Jika masih ada camilan manis pemberian teman kantor saya masih memakannya, tetapi tidak berlebihan.
  4. Waktu makan malam saya adalah pukul 3 sore.
  5. Saya meminum apple cider vinegar untuk menurunkan insulin.
  6. Jika saya mulai gemetar, lemas dan kelaparan saya meminum minyak kelapa.
  7. Sabtu dan Minggu saya mencoba puasa selama 24 jam.
  8. Sesekali saya mengubah pola.

Kesimpulan, meski saya masih makan seperti kebanyakan orang Indonesia, saya tetap sanggup menurunkan berat badan saya dan berhasil mempertahankannya selama 3 tahun. Dan yang terpenting SAYA TIDAK TERSIKSA.

Postingan selanjutnya, saya tetap akan membahas diet Rendah Karbo Tinggi Lemak dan Intermittent Fasting lebih mendalam. Sekarang, tips kurus cara menyingkirkan lemak, sudah terjawab, kan?

Selamat malam! Dan sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *