Tips Hepi Bagaimana Menghentikan Overthinking

Tips-Hepi-Bagaimana-Menghentikan-Overthinking

Tips hepi bagaimana menghentikan overthinking? Apa yang menahan orang dari hip-hip hura atau bahagia to the max? Menurut saya hal yang paling umum dan merusak adalah mereka berpikir terlalu njelimet atau hal tidak penting pun dipikirkan bolak-balik.

Mereka menerobos setiap masalah kecil sehingga masalahnya membesar dan menjadi lebih menakutkan daripada keadaan yang sesungguhnya. Mereka memikirkan segala sesuatu sehingga tidak terasa positif lagi.

Atau overanalyze dan melakukan dekonstruksi pada hal-hal dan kebahagiaan yang datang, dan lupa untuk sekedar menikmati sesuatu pada saat itu, hingga rasa yang menyenangkan itu tiba-tiba lenyap.

BY: HENRIK EDBERG

Memang, di satu sisi memikirkan segalanya bisa menjadi hal yang hebat tentunya. Tapi menjadi overthinker bisa berakibat kita mati berdiri. Bisa juga membuat seseorang menyabotase dirinya sendiri dari hal-hal baik yang terjadi dalam hidup.

Saya tahu rasanya. Karena dulu saya terlalu banyak memikirkan hal-hal printilan dan hal itu menghambat saya dalam banyak hal, dan percayalah, hal itu tidak menyenangkan sama sekali.

Tapi dalam 8 tahun terakhir ini saya telah belajar bagaimana membuat masalah ini memudar sehingga jarang sekali muncul. Dan jika itu terjadi, saya tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Pada artikel ini saya ingin berbagi 9 kebiasaan yang telah membantu saya melompat pada tingkatan pemikir yang lebih sederhana dan cerdas, dan menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan kurang menakutkan.

Put things into a wider perspective Memandang segala sesuatu dalam perspektif yang lebih luas

Kita sangat mudah terjerumus ke dalam perangkap—yang membebani pikiran kita dengan hal-hal minor dalam kehidupan.

Jadi saat Anda berpikir lagi dan lagi tentang hal yang sama, terjebak dan menganalisa hal itu lagi dan lagi, coba Anda bertanya pada diri sendiri:

Apakah hal ini penting dalam 5 tahun? Atau bahkan dalam 5 minggu?

Saya telah menemukan bahwa memperluas perspektif dengan menggunakan pertanyaan sederhana ini dapat membuat saya cepat-cepat keluar dari overthinking dan membantu saya membiarkan situasinya berjalan dan memfokuskan waktu dan energi saya pada sesuatu yang benar-benar penting bagi saya.

Tips hepi bagaimana menghentikan overthinking Set short time-limits for decisions Tetapkan batas waktu singkat untuk membuat sebuah keputusan

Jika Anda tidak memiliki batas waktu, Anda akan terus memandang segala sesuatu dari semua sudut.

Jadi mulai sekarang, tentukan tenggat waktu dalam keseharian Anda, apa pun keputusan yang ingin Anda ambil, baik keputusan kecil atau pun keputusan besar.

Inilah yang telah berhasil untuk saya.

Untuk keputusan kecil seperti apakah hari itu saya harus pergi ke suatu tempat atau wajibkah saya mencuci piring, ataukah kapankah saya membalas email, saya biasanya memberi diri saya 30 detik atau kurang untuk membuat keputusan.

 Untuk keputusan yang agak lebih besar yang akan membuat saya berhari-hari atau berminggu-minggu memikirkannya di masa lalu, saya menggunakan tenggat waktu selama 30 menit atau saya segera mengerjakannya sesaat setelah saya bekerja.

Tips hepi bagaimana menghentikan overthinking Become a person of action Menjadi orang yang mengambil tindakan

Bila Anda membiasakan diri untuk langsung saja beraksi tanpa berpikir berlarut-larut, dan Anda praktikkan hal ini secara konsisten setiap hari, maka overthinking Anda akan berkurang banyak.

Menetapkan tenggat waktu adalah hal yang sangat penting dan telah mengubah saya  menjadi orang yang sedikit-bicara-tapi-banyak-bekerja atau lakukan sajalah jangan banyak pertimbangan.

Mengambil langkah kecil di depan muka dan hanya memusatkan perhatian pada satu langkah kecil pada satu waktu adalah kebiasaan yang sangat baik.

Ini bekerja dengan baik karena Anda tidak merasa terbebani dan Anda tidak ingin melarikan diri dari penundaan. Dan meskipun Anda mungkin takut, mengambil langkah kecil sangat efektif karena Anda tidak lumpuh karena ketakutan.

Realize that you cannot control everything Sadarilah bahwa Anda tidak bisa mengendalikan segalanya

Mencoba memikirkan hal sebanyak 50 kali bisa menjadi cara untuk mencoba mengendalikan segala sesuatunya. Untuk menutupi setiap kemungkinan sehingga Anda tidak berisiko melakukan kesalahan, gagal atau terlihat seperti orang bodoh.

Tapi kesalahan-kesalahan itu adalah bagian dari menjalani kehidupan dimana Anda benar-benar meregangkan zona nyaman Anda, dan itu sehat untuk Anda. Setiap orang yang Anda kagumi atau seseorang yang telah mengilhami Anda pernah melakukan kesalahan. Mereka pernah gagal juga.

Tapi dalam banyak kasus, mereka melihat kegagalan sebagai umpan balik yang berharga untuk dipelajari. Hal-hal yang mungkin terlihat negatif telah banyak mengajari mereka dan sangat berharga untuk membantu mereka bertumbuh.

Jadi berhentilah mencoba mengendalikan semuanya. Kita semua tidak bisa melihat segala sesuatu atau memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, kita pun tidak sanggup mengetahui semua skenario yang mungkin akan terjadi.

Hal ini tentunya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Jadi lakukan dalam langkah kecil yang membuat Anda nyaman.

Say stop in situation where you know you cannot think straight Katakanlah STOP dalam situasi dimana Anda tahu bahwa Anda tidak bisa berpikir jernih

Terkadang saat saya lapar atau saat berbaring di tempat tidur dan akan mulai tidur, pikiran negatif mulai berdengung di dalam pikiran saya.

Dulu pikiran negatif itu bisa melakukan sedikit kerusakan. Saat ini saya menjadi ahli dalam menangkap mereka dengan cepat dan berkata kepada diri sendiri:

No, no, kita tidak akan memikirkan hal ini sekarang.

Saya tahu bahwa ketika saya lapar atau mengantuk maka pikiran saya kadang cenderung rentan untuk tidak berpikir jernih dan negatif.

Jadi saya menindaklanjuti kalimat dengan berkata “tidak, tidak …” dan saya berkata kepada diri sendiri bahwa saya akan memikirkan situasi atau masalah ini ketika saya tahu bahwa pikiran saya sanggup bekerja lebih baik.

Misalnya, setelah saya makan sesuatu atau di pagi hari setelah saya tidur lelap.

Butuh sedikit latihan untuk membuat ini berhasil, tapi saya cukup pandai dalam menunda si pikiran buruk dengan cara ini. Dan saya tahu dari pengalaman bahwa ketika saya meninjau kembali situasi dengan kepala dingin, maka dalam 80% kasus, masalahnya sangat kecil, bahkan nyaris tidak ada.

Dan jika ada masalah nyata, maka pikiran saya siap menghadapinya dengan cara yang jauh lebih ciamik dan lebih konstruktif.

Do not get lost in vague fears Jangan tersesat dalam ketakutan yang samar-samar

Jebakan lain yang telah berkali-kali saya alami karena terlalu banyak berpikir adalah bahwa saya tersesat dalam ketakutan yang samar tentang situasi dalam hidup saya. Jadi, pikiran saya pun berlari liar, lantas menciptakan skenario bencana tentang apa yang bisa terjadi jika saya melakukan sesuatu.

Picture Credit: allwomenstalk

Jadi saya sudah belajar bertanya pada diri sendiri: hei, buddy, sebenernya hal terburuk apa sih yang mungkin terjadi?

Jika saya telah menemukan jawabannya, biasanya saya sudah siap dengan konsekuensinya, sehingga saya menjadi tidak memusingkannya lagi.

Saya telah menemukan bahwa hal terburuk yang dapat terjadi secara realistis biasanya tidak separah yang saya takutkan. Pikiran saya menjadi liar dengan ketakutan kabur malah memperburuk keadaan yang sebenernya mungkin tidak buruk. Jadi, dengan menanyakan segala sesuatunya kepada diri saya sendiri sampai menjadi jelas, biasanya lebih melegakan.

Menemukan kejelasan dengan cara ini biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan sedikit energi namun bisa menghemat banyak waktu dan penderitaan Anda.

Tips hepi bagaimana menghentikan overthinking. Work out. Berolahraga

Picture Source: popsugar

Ini kedengarannya agak aneh

Tapi dalam pengalaman saya berolahraga—terutama dengan mengangkat beban—dapat membantu saya melepaskan ketegangan dan kekhawatiran yang terpendam.

Hal ini paling sering membuat saya merasa lebih pasti dalam menentukan sebuah keputusan, dan ketika saya lebih banyak mengalami overthinking, dengan berolahraga sanggup mengubah ruang kepala saya menuju ke situasi yang lebih konstruktif.

Spend more of your time in the present moment Luangkan lebih banyak waktumu di kerangka the present moment

Dengan membiasakan diri berada di fase the present moment dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda bisa memangkas waktu yang terbuang percuma dengan sibuk menganalisa atau melamun berlebihan. Jika Anda terbuai masa lalu, atau mengkhayalkan masa depan, giring pikiran Anda pada saat sekarang.

Tiga cara yang sering saya gunakan untuk berhubungan kembali dengan momen saat ini adalah:

Tips hepi bagaimana menghentikan overthinking. Slow down

Memperlambat aktivitas apa pun yang sedang Anda kerjakan saat ini. Bergerak lebih lambat, bicara lebih pelan atau naik sepeda lebih perlahan misalnya. Dengan demikian Anda menjadi lebih sadar dengan panca indera Anda dan apa yang terjadi di sekitar Anda.

Katakan pada diri sendiri:

Sekarang saya sedang melakukan… Saya sering mengatakan pada diri saya sendiri bahwa: Sekarang saya adalah X. Dan X sedang menyikat gigi. X sedang berjalan-jalan di hutan. Atau mencuci piring. Pengingat sederhana ini membantu pikiran saya untuk berhenti berkeliaran dan membawa fokus saya kembali ke apa yang terjadi pada saat ini.

Tips Hepi Bagaimana Menghentikan Overthinking Disrupt and reconnect

Jika Anda merasa tersesat dalam overthinking maka rusak pikiran itu—dalam pikiran Anda—meneriaki diri Anda sendiri:STOP! Kemudian hubungkan kembali dengan momen sekarang dengan hanya memakan waktu 1-2 menit untuk fokus sepenuhnya pada apa yang sedang terjadi di sekitar Anda. Ambillah semuanya dengan segenap panca inderamu. Rasakan, dengar, cium, lihat dan rasakan di kulit Anda.

Tips hepi bagaimana menghentikan overthinking Spend more of your time with people who do not overthink things. Luangkan lebih banyak waktumu dengan orang-orang yang tidak overthinking

Lingkungan sosial Anda memainkan peran besar. Dan bukan hanya orang dan kelompok yang dekat dengan Anda dalam kehidupan nyata. Tapi juga apa yang Anda baca, dengarkan dan saksikan. Blog, buku, forum, film, podcast dan musik dalam hidup Anda.

Jadi pikirkan apakah ada sumber dalam hidup Anda—dekat atau jauh—yang mendorong dan cenderung menciptakan lebih banyak pemikiran negatif di dalam pikiran Anda. Dan pikirkan tentang orang atau sumber apa yang memiliki efek sebaliknya pada Anda.

Temukan cara untuk menghabiskan lebih banyak waktu dan perhatian Anda dengan orang-orang dan sumber yang memiliki efek positif pada pemikiran Anda dan kurangi interaksi dengan orang yang bisa memperburuk kebiasaan overthinking Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *