Eyelahes ExtentionMembasmi Tungau atau Demodex Akibat Eyelashes ExtentionMenghilangkan Gatal Akibat Eyelashes ExtentionMenghindari Botak Akibat Eyelashes Extention

Eyelash Extention: Membedah Mitos yang Beredar!

Saya mengerti benar bahwa eyelash extention bisa membantu para perempuan terlihat lebih cantik. Tetapi, seringnya kita malah takut, karena mitos yang beredar adalah berita yang seram-seram. Misalnya bulu mata menjadi botak permanen. Gatal yang tidak tertahankan. Menumpuknya demodex—sejenis tungau—yang berkembang biak dan bertelur. Bahkan, hoax yang paling spektakuler, konon si tungau bisa membangun ‘dinasti’ di seputar bulu mata lho.

Apakah itu akurat? Mari kita bahas lebih lanjut dari A sampai dengan Z.

Apa sajakah benefit dari eyelash extention itu?

  1. Terlihat lebih anggun karena bulu yang dipasang di sela-sela bulu mata asli bisa menambah volume ke bulu mata alami Anda.
  2. Mata Anda akan tampak semolek pemilik mata terindah di dunia. Perhatikan Aishwarya Rai Bachchan atau Margot Robbie. Mereka memiliki mata yang bersuara, berkilau, tertawa, menangis, bercerita. Dan, setiap kali melihat mereka, membikin kita pingsan.
  3. Bisa memperlentik bulu mata Anda.
  4. Panjang si bulu bisa dijustifikasi sesuka hati Anda. Dengan adanya bulu mata yang ‘uh la la’ itu, semua orang tertarik menatap Anda.
  5. Anda bisa mengucapkan hal ini pada maskara, “selamat tinggal, sayangl!” atau, “sayonara, baby!”
  6. Tidak bertinta. Oleh karena itu, nggak akan mbleber-mbleber atau belepotan seperti penggunaan eyeliner dan maskara.
  7. Terasa ringan dan natural.
  8. Bulu mata Anda kelihatan sehat karena seolah-olah tampak subur. Impaknya, Anda akan tampil lebih youthful atau awet muda.
  9. Anda akan terlihat unik dan lebih… jelita.
  10. Menghemat waktu dandan.

Pengalaman Pribadi Menggunakan Eyelash Extention

Saya telah memakai eyelash extention dari maret 2018. Dan, jika saya membandingkan foto saya ketika saya masih kategori cabe-yuvenil-merah-merona-nan-segar, dengan tampilan foto terkini—yang mana telah jadi nenek-nenek-golongan-cabe busuk—tapi hasilnya ternyata saya tampak… sama aja.

Maret 2018, Ketika Pertama Kali Menggunakan Eyelash Extention

Entah efek dari kamera selfie yang penuh tipu daya, atau memang eyelash extention ini punya power membuat ilusi. Tapi yang jelas membuat saya kecanduan.

Pengalaman terburuk Ketika Menggunakan Eyelash Extention

Tidak seperti orang pada umumnya. Saya pernah mempunyai pengalaman brutal dengan eyelash extention. Yaitu ketika saya harus ke dokter mata karena ada seserpih lem bulu mata yang mencelat masuk dan bersembunyi di balik kelopak mata. Oke, ini seram. Sampai saya tidak bisa membuka mata selama tiga hari. Tapi, karena ini akibat keteledoran sendiri, jadi yah, saya tanggung aja risikonya.

Tetapi, faktanya, sampai dengan saat ini, mata saya baik-baik saja tuh.

Efek buruk lain adalah rontoknya bulu mata. Tapi itu sepertinya mitos. Bukan bahaya itu sebenarnya yang sangat mengkhawatirkan. Tetapi mites atau tungau yang dinamakan demodex. Tungau tadi berefek membuat area sekitar mata menjadi gatal dan bengkak. Plus, bisa jadi ‘melenyapkan’ bulu mata asli.

Di manakah saya membeli eyelash mink yang berkualitas dan murah?

Karena saya tipikal orang yang malas ke salon, saya memasang bulu mata saya sendiri. Dengan bantuan pinset dan lampu super terang, voilaa… extention pun tertancap di situ. Bulu-mata yang saya beli, konon katanya kualitas standar ekspor. Jika dielus sangat lembut, tidak kaku seperti benang gelasan layang-layang. Klaim dari pedagangnya, “ini memang dari human hair atau rambut manusia.”

Saya membeli di Shoppee, di toko DST Bulu Mata. Atau Bintang Eyelash. Keduanya dari Purbalingga. Harga termurahnya adalah sekitar 3.500 IDR.

Mengapa saya memilih membeli dari kabupaten itu? Karena terkenal sebagai sentra kerajinan per-bulu-an, termasuk eyelash.  

Lem apa yang saya pergunakan, dan di mana saya membelinya?

Lem permanen yang saya gunakan mereknya Funmix Glue anti alergi dari Shoppee juga. Harganya sekitar 40.000 IDR. Keunggulannya, tidak membikin perih dan tidak berbau menyengat.

Perawatan apa yang saya lakukan ketika Ingin Menumbuhkan Bulu Mata Asli?

Selama setahun setengah menggunakan eyelash extention, saya berhenti sekitar 3 bulan. Tujuannya? Karena saya ingin menumbuhkan bulu mata yang ‘pretel’. Sejujurnya memang mata saya sering gatal dan bengkak. Tadinya saya menuduh itu karena eyelash extention.

Saya lalu memakai castor oil dan hanya membubuhkan eyeliner aja. Dalam sekejap bulu mata saya menjadi gondrong lagi, tapi rasa menggerenyam di area mata tetap eksis. Jadi curiga dong saya, jangan-jangan ini bukan karena eyelash extention.

Apakah penyebab gatal ketika memasang eyelash extention?

Bisa banyak kemungkinan. Tapi, dugaan saya ternyata valid. Itu karena mites atau tungau. Jadi saya kembali aja memakai eyelash extention permanen, tapi kali ini dengan treatment yang paripurna. Dulu saya takut mencuci bulu mata palsu saya karena sayang kan kalau cepat brodol, ternyata itu keliru, saya harus mencucinya tiap hari, tapi tentu bukan dengan cara yang biasa.

Apa itu eyelash mites atau tungau bulu mata?

Tungau bulu mata disebabkan oleh dua jenis tungau Demodex. Kedua jenis ini disebut Demodex folliculorum dan Demodex brevis. Kedua jenis tungau bersifat mikroskopis, sehingga Anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang. Mereka lazim di folikel rambut Anda, di mana mereka memakan sel-sel kulit mati.

D. folliculorum adalah yang paling mungkin mempengaruhi bulu mata. Jenis tungau ini memakan sel-sel kulit mati di sekitar bulu mata serta area mata lainnya, seperti kelopak mata Anda. 

Setiap orang memiliki jumlah kecil tungau ini, tetapi mereka masih dapat menyebar antara manusia dan hewan melalui kontak langsung. Tungau juga dapat menjadi masalah, jika mereka ada dalam jumlah besar, yang mana, dapat menyebabkan masalah kulit lebih lanjut. Mereka juga dapat memperburuk penyakit kulit yang sudah ada sebelumnya.

Karena tungau bulu mata tidak terlihat, Anda tidak akan dapat mendiagnosis keberadaannya secara langsung. Kuncinya adalah membuat janji dengan dokter Anda jika Anda mengalami gejala kemungkinan menumpuknya tungau di sekitar mata Anda.

Gejala tungau Demodex pada bulu mata dapat meliputi

  1. Gatal di bulu mata dan kulit di sekitarnya.
  2. Kulit bersisik dan kasar.
  3. Sensasi terbakar di mata Anda.
  4. Gejala kulit yang memburuk, seperti pada rosacea dan eksim (dermatitis).
  5. Pori-pori tersumbat, sehingga dapat timbul jerawat dan komedo.
  6. Kulit di area mata yang kemerahan, seperti ada ruam.
  7. Rambut atau bulu mata rontok

Gejala lanjut dapat menyebabkan peradangan mata (blepharitis). Ini dapat melahirkan gejala lain seperti kerak bulu mata, mata yang lengket, dan sering berkedip. Seiring waktu, blepharitis juga dapat mencetuskan kelainan pertumbuhan bulu mata.

Cara Melakukan Perawatan Eyelash Extention untuk menghindari Demodex berkembang biak

  1. Jangan berbagi riasan bulu mata.
  2. Cuci dengan air sehari dua kali.
  3. Pake tea tree oil. Berdasarkan hasil riset ini, dan berdasarkan pengalaman pribadi tea tree oil emang ampuh, Ladies.
  4. Jika memakai eyelash extention jangan takut untuk mencucinya sebelum kamu tidur, tapi jangan yang berbahan minyak atau alkohol. Micellar water atau baby soap atau sabun bayi bisa jadi alternatif.
  5. Sisirlah dengan sisir khusus bulu mata.
  6. Jangan mencabut atau memutar-mutar bulu mata.
  7. Jika gatal, coba oleskan tea tree oil yang sudah dilarutkan. Kalo saya sih langsung aja, meski panas luar biasa. Jangan ditiru, Gaes.

KESIMPULAN

Tungau Demodex adalah umum, dengan D. folliculorum yang paling mempengaruhi bulu mata dan daerah sekitarnya. Meskipun kutu di kulit Anda levelnya sedang-sedang aja, sangat wajar jika kutu berkembang biak dan merajalela, mendatangkan gejala nggak nyaman di sekitar mata Anda.

Sumber Gambar Eyelash Extention: https://unsplash.com/

Hal Lain yang Perlu Diwaspadai

Tetapi ada hal yang mengkhawatirkan lainnya. Kita nggak mau dong mengalami apa yang dialami oleh Kristin Chenoweth—kelopak matanya seperti bibir bergincu, tebal dan merah—karena ia mempunyai alergi terhadap formaldehyde. Yang  biasanya terkandung dalam lem permanen.

Oleh karena itu, sebelum Anda terburu-buru untuk antipati terhadap eyelash extention ada baiknya melihat hasil wawancara dari huffpost.com dengan  Courtney Akai, yaitu seorang eyelash ekspert.

Apa jenis eyelash extention paling lazim?

Ada tiga jenis ekstensi bulu mata: sintetis, sutra dan bulu. Ukuran berkisar dari 6mm hingga 17mm. Setelah dipilih, bulu mata diaplikasikan satu per satu menggunakan lem semi permanen yang diformulasikan khusus, yang seharusnya nggak akan mengiritasi mata atau merusak bulu mata alami. Namun, tetap ada kemungkinan memicu reaksi alergi.

Berapa lama untuk menempelkan eyelash extention?

Membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk pengerjaan, dan dapat bertahan sekitar tiga hingga empat minggu. Setelah itu bisa diretouch.

Setiap orang memiliki bulu mata yang berbeda, dan tergantung pada kondisi bulu mata alami Anda sendiri, hanya ahli bulu mata yang bisa menetapkan berapa panjang atau atau tebal. (Ini untuk memastikan bahwa bulu mata Anda sendiri tetap sehat.) Misalnya, jika bulu mata alami Anda pendek dan tipis, Anda nggak akan bisa mendapatkan tampilan Kim Kardashian yang dramatis. Karena bulu mata Anda nggak akan bertahan lama. Lebih baik memulai dengan setengah set (50 hingga 60 persen), jika Anda tidak yakin atau ini pertama kalinya. Selain dari itu, lebih mudah untuk menambahkan sedikit aja.

Apa yang terjadi jika lem masuk ke dalam mata Anda?

Karena mata Anda tertutup sepanjang waktu pengerjaan, lem tidak akan pernah masuk ke mata Anda. Namun, untuk menghindari iritasi, tindakan pencegahan keamanan pertama adalah memastikan bahwa lem itu aman dan tidak mengandung apa pun yang dapat membahayakan mereka, seperti formaldehyde.

Eyelashes Extention Experience, ketika lem masuk ke dalam mata
Kejadian Ketika Lem Masuk ke dalam Kelopak Mata

Selain itu, krusial untuk paham perbedaan antara reaksi alergi dan infeksi. Teknisi bulu mata berlisensi dan berpengalaman tidak akan membiarkan infeksi terjadi, tetapi jika Anda alergi terhadap lem, Anda masih akan alergi—ini nggak berarti lem itu secara inheren berbahaya.

Apakah ada risiko menjadi buta?

Tidak. Teknisi Anda harus dilatih dengan tepat untuk menerapkan lem dan bulu mata dengan cara yang sama sekali tidak berbahaya. Lagian, sepanjang waktu prosedur mata Anda akan tertutup. Tidak peduli seberapa buruk reaksi alergi yang terjadi, Anda tidak akan pernah menjadi buta. Skenario kasus yang lebih buruk adalah Anda harus pergi ke dokter mata untuk mendapatkan resep obat tetes mata khusus untuk mengobati reaksi alergi.

Trus kalo sampe menangis pas sedang dipasang itu tandanya apa?

Jika Anda mengalami rasa terbakar atau tidak nyaman selama prosedur, menyebabkan mata Anda terasa robek atau membuat Anda menangis, ini adalah a huge red flag atau super bahaya ya, dan Anda harus berbicara. Anda mungkin perlu meminta teknisi Anda mengganti lem. Ekstensi bulu mata seharusnya menjadi pengalaman yang sepenuhnya bebas rasa sakit.

Apa pro dan kontra dari penggunaan bulu mata mink seperti Beyonce?

Para lady kepengen jenis penampilan yang berbeda—ada yang ingin drama look, dan beberapa memilih sesuatu yang lebih natural. Manfaat dari ekstensi bulu mink adalah bahwa mereka lebih alami dan lebih ringan secara general, sehingga tekanan nyaris tidak terasa pada bulu mata Anda. Bulu mata mink juga lebih mahal.

Seberapa sering Anda perlu retouch atau mengulangi extention?

Ekstensi bulu mata berlangsung melalui siklus pertumbuhan penuh bulu mata alami, biasanya enam hingga delapan minggu. Oleh karena itu, karena pertumbuhan bulu mata setiap orang agak bervariasi (sama dengan pertumbuhan rambut), saya sarankan perawatan bulu mata setiap tiga hingga empat minggu agar tetap terlihat menawan.

Apakah eyelash extention rontok selama periode waktu tertentu?

Karena setiap ekstensi bulu mata melekat pada satu bulu mata, mereka akan copot secara alami seiring dengan siklus pertumbuhan alami setiap bulu mata. Jadi sebaiknya ditouch-up setiap tiga hingga empat minggu.

Ketika seorang praktisi yang enggak berpengalaman menempelkan bulu mata, ia sering menggunakan satu bulu mata sintetis untuk tiga sampai empat bulu mata alami, menyebabkan gumpalan atau bulu mata pecah dan rontok. Selain itu, bulu mata asli Anda mungkin rusak jika Anda mengambilnya atau mencoba mencabutnya sendiri, ini BIG NO-NO ya, Ladies. Tetapi jika Anda menghindari kedua masalah itu, bulu mata Anda harusnya sih tetap utuh.

Bisakah Anda mandi atau berenang segera? Apakah ada produk yang harus Anda hindari?

Jauhkan air dari bulu mata Anda selama 12 hingga 24 jam pertama setelah aplikasi atau touch-up. Air dapat mengurangi kekuatan perekat, dan menyebabkan bulu mata berguguran. Perawatan sesudahnya bervariasi tergantung pada lem yang digunakan. Misalnya, dengan lem untuk mata sensitif, produk berbasis minyak atau penghapus makeup di sekitar area mata tidak dianjurkan. Menggunakan maskara tahan air pada ekstensi tidak disarankan untuk semua jenis lem, karena sulit untuk dihilangkan dan dapat mencabut bulu mata secara prematur.

Apakah saya tetap bisa mengenakan maskara?

Jika Anda berencana mengenakan maskara, gunakan saja di ujung dan dengan sentuhan yang sangat ringan. Ini akan cukup untuk memberikan mata Anda efek “pop“. Menggunakan maskara di dekat akar bulu mata hanya akan membuatnya menjadi sangat tidak rata.

Apakah bulu mata alami Anda akan terluka atau rusak?

Mitos terbesar adalah bahwa ekstensi bulu mata merusak bulu mata asli. EKSTENSI BULU MATA TIDAK MEMBUAT BOTAK. Jika diterapkan dengan betul dan proper, mereka aman dan tidak merusak kesehatan bulu mata alami Anda. Pastikan untuk tidak menggosok mata Anda atau menarik ekstensi. Jika ekstensi diterapkan dengan apik dan untuk setiap bulu mata individu, mereka tidak akan rontok lho.

Eyelashes Extention di bulan Desember 2019
Eyelash Extention di Bulan Desember 2019

Apakah bulu mata yang botak bisa tumbuh kembali?

Mirip dengan rambut di kulit kepala, bulu mata juga mengalami siklus pertumbuhan. Oleh karena itu, hilang beberapa helai sih seharusnya nggak usah bikin kamu khawatir.

Menurut American Academy of Ophthalmology, jika bulu mata hangus tetapi folikel rambut masih utuh, bulu mata biasanya akan tumbuh kembali dalam 6 minggu.

Ekstensi bulu mata memang dapat merusak atau merobek bulu mata alami. Tetapi, jika bulu mata alami hilang, mereka biasanya tumbuh kembali dalam beberapa bulan.

Apakah bulu mata tumbuh lebih cepat dengan home remedies atau pengobatan alami?

Untuk mempercepat pertumbuhan bulu mata, home remedies populer untuk pertumbuhan bulu mata. Termasuk minyak zaitun, castor oil, pijat bulu mata, dan produk biotin.

Tetapi apakah bulu mata akan tumbuh lebih cepat jika seseorang menggunakan home remedies untuk mengobati bulu mata yang hilang? Jawabannya mungkin tidak.

Tidak ada bukti ilmiah bahwa obat rumahan apa pun akan membantu bulu mata tumbuh kembali. Sementara biotin dianggap berperan dalam kesehatan kulit dan rambut, ada penelitian terbatas mengenai apakah biotin melebatkan pertumbuhan rambut.

Cara Membersihkan Eyelash Extention

Pencegahan Bulu Mata agar Tidak Rontok Karena Eyelash Extention

Selalu mencuci mata dan membersihkan riasan mata di malam hari. Sementara “kecelakaan” bisa aja terjadi dan nggak mungkin Anda selalu bisa mencegah kehilangan bulu mata alami. Tetapi, jangan khawatir, Ladies. Ada beberapa langkah untuk mengurangi risiko bulu mata gundul kok, yaitu:

  1. Makan hidangan sehat.
  2. Jangan menggosok mata terlalu kasar.

Kekurangan nutrisi tertentu bisa nyebabin kerontokan rambut. Ada kemungkinan bahwa defisit ini juga dapat mempengaruhi bulu mata. Nutrisi yang mungkin berperan dalam kesehatan rambut dapat meliputi: vitamin C, vitamin B, vitamin D, seng, besi, protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *