Tips Cantik

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Cepat: Tretinoin

Cara-Menghilangkan-Bekas-Jerawat-Ampuh-Tretinoin

Cara menghilangkan bekas jerawat super ampuh: Tretinoin. Maksudnya?

Gini, katakanlah, kamu lagi sayang-sayangnya sama cowok kamu, tapi dia malah nendang kamu. Lantas, abis kamu kepoin IGnya ternyata dia lagi deket sama cewek berkulit mulus alias flawless? Trus feeling kamu jadi hampa, plus bad mood. Harimu jadi bleak. Merasa ugly. Ingin mati aja. Karena faktanya kulit wajah kamu ternyata banyak nodanya. Pake detergen pasti nggak bisa. Kamu udah tau itu.

Dalam fase patah hati, kamu pasti ingin memohon-mohon minta balikan sama mantan kamu yang jelas-jelas udah nggak mau liat wajah kamu yang bertaburan bintik hitam itu. Kamu berjanji akan mengubah dirimu menjadi lebih baik, asalkan dia tidak memilih perempuan berkulit glowing ala-ala Korea itu.

Bukan ide yang bagus. Dibanding kamu ngebuang energi di region yang salah, lebih baik kamu fokus bikin rutinitas baik, salah satunya adalah rajin mengaplikasikan krim malam yang bisa membuat si hitam memudar. Tapi, krim apa yang sebenarnya cukmew a.k.a cucok meong?

Tenang. Kamu tiba di tempat yang tepat. Aku tuh merasa frustrasi juga karena kulitku berflek parah. Udah macem tokoh di komik Jepang Candy-candy. Aku penasaran, pasti ada jalan keluar dari semua ini. Masalahnya, semua treatment udah kukerjain. Dari mulai perawatan BB glow, laser, dll. Tapi ya si hitam nan setia ini selalu datang lagi dan lagi. Sampai suatu ketika aku tiba pada artikel yang dikeluarkan oleh Harvard tentang tretinoid. Waduh Harvard?! Aku tidak bisa menyepelekannya. I have to give a try!

DISCLAIMER: Karena tretinoin efektif untuk semua masalah kulit, aku nggak akan ngebahas tentang menghilangkan noda jerawat aja ya, tapi secara keseluruhan.

Apa Manfaat Umum dari Tretinoin?

Tretinoin adalah obat yang digunakan untuk:

  1. Mengobati jerawat.
  2. Membetulkan kulit yang rusak karena sinar matahari.
  3. Mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Memang sih, tidak bisa menghapus kerutan yang dalam, tetapi setidaknya si garis tampak tidak setegas sebelumnya.
  4. Memudarkan bintik-bintik gelap.

Obat-obatan berbasis vitamin A topikal yang disebut retinoid—senyawa anti-aging alias molekul untuk resep awet muda dan anti penuaan yang paling banyak dipakai dan paling banyak dipelajari. Tretinoin juga dikenal sebagai asam retinoat. Ini adalah nama umum sintetis vitamin A. Dan dijual dengan berbagai merek. Retin-A adalah salah satu nama brand, tapi jangan tertukar dengan retinol. Tretinoin, dengan nama merek Retin-A, adalah retinoid pertama.

Doski digunakan sebagai pengobatan jerawat pada 1970-an, tetapi peneliti kemudian menemukan bahwa itu juga memudarkan bintik-bintik actinic keratosis, menghilangkan pigmentasi, dan mempercepat pergantian sel-sel kulit superfisial. Retinoid mengurangi garis-garis halus dan kerutan dengan meningkatkan produksi kolagen. Si asam ini juga merangsang produksi pembuluh darah baru di kulit, yang mana akan mempercerah warna kulit. Manfaat tambahan lainnya termasuk memudarnya bintik-bintik penuaan dan melembutkan bercak kulit yang kasar. Namun, perlu tiga hingga enam bulan penggunaan rutin sebelum perbaikan terlihat nyata—dan hasil terbaiknya membutuhkan enam hingga 12 bulan. Tak apa lah ya lama, yang penting aman. Bener nggak?

Cara-Menghilangkan-Bekas-Jerawat-Ampuh-Tretinoin
Obat yang saya pakai

Apakah Efek Samping dari Retinoid secara General?

Karena retinoid dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit, para dokter biasanya merekomendasikan penggunaannya hanya setiap dua hari sekali pada awal pemakaian, dan kemudian secara bertahap diaplikasikan setiap malam. Kenakan tabir surya di siang hari, karena retinoid meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Krim ini harus digunakan terus menerus untuk mempertahankan manfaatnya.

Selain itu, beberapa produk bebas yang mengandung retinoid, seperti retinol. Karena mereka tidak sekuat (dan dengan demikian jarang menyebabkan iritasi), mereka tidak seefektif mengurangi keriput seperti tretinoin; tetapi mereka benar-benar memperbaiki penampilan photo-aged skin. Ya, daripada nggak ada sama sekali. Bener nggak? Tretinoin dapat digunakan dengan asam alfa hidroksi (AHA) agar efek mulusnya si kulit lebih cetar membahenol.

Apa yang Diharapkan Ketika Mengobati Jerawat dengan Tretinoin (Retin-A)

Tretinoin topikal adalah bentuk generik dari obat jerawat Retin-A. Ini mungkin terdengar counterintuitive, tampak nggak masuk logika, tetapi tretinoin memang kerjanya adalah mengiritasi kulit. Tretinoin sanggup mempercepat siklus hidup sel kulit. Itu membuat sel kulit membelah lebih cepat dan mati lebih kilat, sehingga sel-sel yang lebih baru dan lebih sehat dapat menggantikannya.

Tretinoin dapat dibeli secara online atau dijual bebas dalam bentuk krim atau gel. Pada jerawat, biasanya, tretinoin topikal merupakan solusi jangka pendek dan jangka panjang untuk menghilangkan active breakouts. Ini digunakan untuk melenyapkan acne blemishes atau kumpulan noda jerawat yang super bandel dan sulit sekali dibersihkan di kulit kamu. Tretinoin efektif untuk khalayak banyak, tetapi tidak semua orang bisa cucok.

Tretinoin adalah retinoid, artinya itu adalah bentuk vitamin A. Retinoid menstimulasi turnover atau pergantian sel pada kulit kamu. Sel-sel kulit mati dibersihkan dari kulit kamu dengan lebih ekspres, setelah itu sel-sel kulit baru pun segera naik ke permukaan.

Pergantian sel yang lebih wus wus secepat Shinkansen membuka pori-pori kamu, melepaskan bakteri yang terperangkap atau menghilangkan iritasi yang menyebabkan jerawat. Retinoid seperti tretinoin juga membantu kulit kamu untuk meregulasi produksi minyak alami (sebum), yang nantinya dapat mencegah timbulnya breakouts jerawat.

Doi juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membersihkan jerawat pustula atau jerawat gendut yang bernanah itu.

Tretinoin untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Tretinoin juga dapat digunakan untuk mengurangi munculnya jaringan parut jerawat acne scarring. Karena tretinoin mempercepat turnover atau pergantian sel pada kulit kamu, maka dapat mendorong pertumbuhan sel baru di lokasi jaringan parut.

Tretinoin dalam beberapa bentuk telah berhasil has been tested   diuji sebagai cara yang efektif untuk mengobati bekas jerawat. Tretinoin juga kadang-kadang digunakan untuk mempersiapkan kulit untuk perawatan chemical peel yang targetnya adalah jaringan parut.

Efek Samping Tretinoin pada Pengobatan Jerawat

Menggunakan tretinoin untuk jerawat dapat menyebabkan efek samping. Ya enggak untuk jerawat aja sih, menghilangkan melasma atau bintik hitam dengan tretinoin bisa menimbulkan efek samping yang nggak dimaui. Tetapi—dan ini TETAPI yang besar, berita super bagusnya, tidak semua orang akan mengalami efek samping, tapi bisa jadi, beberapa mungkin lebih parah daripada yang lain.

Kemungkinan efek samping termasuk:

  1. Kulit terbakar atau gatal.
  2. Mengelupas atau kemerahan di kulit.
  3. Kekeringan yang tidak biasa.
  4. Kulit yang terasa hangat saat disentuh.
  5. Kulit yang berubah warna lebih terang.

Diperlukan waktu hingga 12 minggu untuk melihat hasil dari menggunakan tretinoin. Jika kulit kamu tampak teriritasi dengan menggunakannya, cek ke dokter untuk melihat apakah gejalanya berada dalam kisaran yang normal untuk tretinoin yang dijual bebas.

Jika, setelah 8 hingga 12 minggu, kamu tidak melihat adanya perbaikan pada kulit kamu, ngomong aja pada dokter kulit tentang dosis tretinoin atau apakah ada opsi perawatan lainnya. Tretinoin tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau menyusui. Saat kamu menggunakan tretinoin, super ekstra hati-hati dengan paparan sinar matahari. Seperti semua retinoid, tretinoin dapat menipiskan kulit kamu, membuatnya lebih rentan terhadap sinar matahari yang merusak dan bisa jadi kena sunburn.

Pastikan kamu memakai tabir surya setiap kali kamu pergi ke luar, dan pertimbangkan pencegahan tambahan seperti mengenakan topi yang menutup banget.

Ini kasus ekstrim, tetapi ada kemungkinan terjadi overdosis jika memakai tretinoin yang dijual bebas. Overdosis lebih bisa jadi resepnya terlalu kuat (seperti merek Retin-A). Tanda-tanda overdosis di antaranya adalah kesulitan bernapas atau pingsan/ kehilangan kesadaran.

Jika kamu merasa ada reaksi alergi atau mengalami efek samping yang serius dari tretinoin, hentikan penggunaan dan segera mencari bantuan medis.

Kesimpulan, Jadi Apakah Ada Bukti Nyata Bahwa Tretinoin Memang Benar-Benar Ampuh untuk Menghilangkan Noda Jerawat?

Telah digunakan untuk mengobati acne jerawat ringan hingga sedang selama hampir 50 tahun. Produk kombinasi tretinoin terkadang mengandung bahan anti bakteri untuk treatment jerawat.

Research telah menunjukkan bahwa tretinoin sangat membantu dalam:

  1. Mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat
  2. Merupakan usaha preventif penyumbatan folikel
  3. Berfungsi untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit

Menurut 2017 review ulasan pada tahun 2017, ada data klinis yang menunjukkan bahwa retinoid topikal efektif banget untuk jerawat yang meradang dan non inflamasi. Dengan penggunaan regular dan konsisten, tretinoin dapat membantu membersihkan jerawat yang eksis dan mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat buandel.

Penelitian research  lain menunjukkan bahwa tretinoin dapat:

  1. Mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan fine lines and wrinkles
  2. Meningkatkan kesehatan kulit yang terlanjur rusak akibat sinar matahari sun-damaged skin
  3. Memperbaiki tekstur dan tone kulit
  4.  Mengurangi munculnya bintik-bintik hitam

Cara Mengoleskan Tretinoin pada Kulitmu

Sebelum kamu menggunakan tretinoin, pastikan wajah kamu bersih. Hapus semua riasan dan cuci muka kamu. Be gentle. Mencuci dan menggosok secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi. Setelah kamu mencuci dan mengeringkan wajah kamu, tunggu 20 hingga 30 menit sebelum mengoleskan tretinoin.

Langkah-langkah Cara Memakai Tretinoin untuk Lebih Jelasnya

  • Oleskan sekali sehari, sebaiknya sebelum tidur.
  • Keluarkan sekitar setengah inci atau kurang dari tube krim atau gel ke ujung jari kamu.
  • Dengan lembut aplikasikan pada area tertentu pada kulit yang memang ingin diperbaiki. 
  • Obat harus dioleskan ke kulit kamu segera. Jika tidak, coba kurangi jumlahnya pada hari berikutnya.
  • Perlu diingat bahwa menggunakan jumlah tretinoin banyak-banyak atau menggunakannya berlebihan sering tidak akan membuatnya bekerja lebih cepat. Bahkan, bisa menyebabkan iritasi kulit.
  • Tretinoin hanya untuk penggunaan topikal. Berhati-hatilah agar tidak masuk ke mata, mulut, hidung, atau selaput lendir lainnya.

Interaksi Obat

Obat jerawat topikal lainnya dapat berinteraksi dengan tretinoin dan mengiritasi kulit kamu atau memperburuk efek samping seperti terbakar. Kecuali jika itu bagian dari rencana yang telah kamu diskusikan dengan dokter, hindari menggunakan perawatan kulit topikal lainnya (seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan produk yang mengandung belerang) saat menggunakan tretinoin. Selain itu, hindari produk yang membikin kulit kamu menjadi kering, seperti astringen dan pembersih yang mengandung alkohol

Saat Menggunakan Tretinoin, Hindari atau Minimalkan Paparan

  • Sinar matahari
  • Angin dan dingin yang ekstrim
  • Sabun dan produk rambut yang keras
  • Kosmetik yang cenderung mengeringkan kulit
  • Hindari kontak kulit dengan hal-hal yang dapat berinteraksi dengan obat, seperti:
  • Alkohol
  • Astringen
  • Jeruk nipis
  • Rempah-rempah

Kamu mungkin melihat tretinoin mulai bekerja dalam 2 hingga 3 minggu, tetapi bisa memakan waktu 6 minggu atau lebih untuk merasakan manfaat penuh. Jika kamu melihat nggak ada peningkatan dalam 12 minggu, atau jika perubahannya tidak signifikan dan kamu jadi kepo kapan harus mulai mengurangi pemakaian, bicarakan dengan dokter kamu.

Menggunakan Tretinoin untuk Kulit Rusak akibat Sinar Matahari: Apakah ini Ide Brilian?

Tretinoin adalah salah satu retinoid topikal paling populer yang tersedia, banyak digunakan untuk mengobati semuanya mulai dari jerawat hingga keriput, perubahan warna kulit dan tanda-tanda penuaan lainnya. Salah satu pertanyaan paling umum tentang hal itu adalah, “Bagaimana jika tretinoin digunakan untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari? Apakah itu beneran bisa sukses?”

Seiring waktu, radiasi ultraviolet dari paparan sinar matahari dapat membuat kulit kamu menjadi tak cantik lagi. Peneliti kulit percaya bahwa paparan sinar UV yang disebabkan oleh orang yang doyan panas-panasan, bertanggung jawab atas 80% dari kulit menjadi tua, oleh karena itu, meminimalkan paparan sinar matahari merupakan taktik krusial untuk resep awet muda.

Karena tretinoin adalah obat anti penuaan yang efektif, banyak orang penasaran apakah dapat memperbaiki kulit yang bopeng-compeng-tak-sedap-dipandang akibat sinar matahari. Di bawah ini, ada sebundel kombinasi bukti ilmiah dan laporan anekdotal yang membahas tretinoin untuk merepair kerusakan akibat sinar matahari dan apakah itu efektif atau nggak, untuk memberi kamu pemahaman yang lebih paripurna tentang bagaimana si tretinoin bisa nge-fit nggak sih untuk kebutuhan kamu, terutama yang tujuannya ingin mencegah dan memperbaiki kulit ‘jadah’ akibat si sun light.

Misalnya, in a study conducted in 1990 dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1990, 89 orang dengan tanda-tanda jelas photoaging (penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan UV jangka panjang) diinstruksikan untuk menggunakan krim tretinoin pada wajah mereka selama enam bulan.

Setelah enam bulan perawatan menggunakan krim tretinoin 0,01%, 0,05% dan 0,025%, peserta dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan tekstur kulit dan kepadatan folikel, serta lebar kerutan wajah menurun— semua tanda penuaan disebabkan oleh paparan UV jangka panjang.

Another study from 1992 Studi lain dari 1992 menghasilkan temuan serupa. Partisipan dengan kulit photoaging menggunakan salah satu dari tiga konsentrasi krim tretinoin (0,05%, 0,01% atau 0,001%) selama 24 minggu. Setelah 24 minggu pengobatan, peserta yang diberi krim tretinoin 0,05% menunjukkan hasil terbaik.

Dari orang-orang yang ditugaskan 0,05% krim tretinoin, 68% menunjukkan peningkatan pada akhir penelitian. Hiperpigmentasi, kekasaran kulit, dan kerutan halus — semua kerusakan ini akibat sinar matahari — semuanya meningkat secara ‘brutal’ pada kelompok yang diberi krim tretinoin 0,05%.

Akhirnya, another study from 1993 penelitian lain dari 1993 menemukan bahwa tretinoin menghasilkan perbaikan yang super pada kerusakan kulit karena fotoaging atau paparan sinar matahari selama enam hingga 12 bulan penggunaan, dengan hasil yang relatif stabil setelah periode enam bulan. Singkatnya, tretinoin bekerja sangat baik untuk memperbaiki kerusakan akibat sang mentari. Tretinoin juga ditoleransi dengan sangat baik. Teka-teki cara menghilangkan bekas jerawat juga mulai terjawab dengan baik, iya kan?

Dalam semua studi tentang tretinoin untuk menyembuhkan, sebagian besar orang mengalami sedikit atau tidak ada efek samping yang krusial dari penggunaan krim tretinoin topikal.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Apakah Tretinoin Memperbaiki Kulit yang Rusak Akibat Sinar Matahari?

Paparan sinar matahari dapat menggiring pada timbulnya dua jenis kerusakan kulit.

Pertama, ada kerusakan kulit jangka pendek, dia muncul segera, beberapa saat saja setelah menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari — si warna pink, bentuk radiasi terbakar dan tentunya nggak asik yang kita kenal sebagai sunburn.

Tretinoin bukan pengobatan untuk sunburn. Mengoleskannya langsung setelah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tidak akan berefek apa pun untuk memerangi efek jangka pendek dari terekspos sinar matahari. Satu-satunya cara untuk menghindari  sunburn adalah membatasi waktu kamu di bawah sinar matahari dan sering menggunakan tabir surya untuk meminimalkan paparan UV.

Efek jangka panjang dari radiasi UV sedikit berbeda. Selama periode waktu yang lama, menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari dapat membuat banyak tanda penuaan secara signifikan lebih terlihat, seperti keriput, skin discoloration atau kulit belangdan melasma. Nah, jika masalahnya adalah ini tretinoin adalah sang juarak.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat. Apa Perbedaan antara Tretinoin dan Retinol

Retinoids  adalah sekelompok senyawa yang berasal dari vitamin A. Tretinoin dan  retinol  keduanya berada di bawah payung ini. Baik tretinoin dan retinol adalah produk skin care topikal yang dapat mengobati kondisi yang sama. Keduanya mempercepat pengelupasan kulit dan menstimulasi kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit tampak lebih halus. Tetapi mereka tidak persis sama.

Retinol adalah:

  • Bentuk alami vitamin A.
  • Lebih lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.
  • Dapat dibeli tanpa resep dokter.
  • Ditemukan di banyak produk kosmetik dan skin careyang dijual bebas

Tretinoin adalah:

  • Versi sintetis vitamin A
  • Lebih kuat dari retinol
  • Harus dengan resep dokter
  • Tidak ditoleransi dengan baik oleh kulit sensitif

Jika kamu sudah mencoba retinol tetapi tidak berhasil, tanyakan kepada dokter apakah dapat diganti dengan tretinoin saja.

Ringkasan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Super Cepat

Retinol adalah bentuk alami vitamin A. Kamu enggak perlu resep untuk dapetin barang ini. Tretinoin adalah versi sintetis dari vitamin A. Doski lebih setrong, dan kamu perlu resep dari dokter untuk obat ini.

Retinol sendiri sebenarnya enggak mempengaruhi kulit secara langsung. Enzim di dalam kulit terlebih dahulu harus mengubah retinol menjadi asam retinoat. Hanya jika dia udah diubah menjadi asam retinoat maka si retinol pun akan menjadi efektif. Itu bukanlah proses instan. Proses konversi bisa memakan waktu lama.

Juga, berapa banyak retinol sebenarnya diubah menjadi asam retinoat tergantung pada banyak hal, termasuk jumlah retinol dalam produk untuk memulai, dan jika itu terdegradasi (pada dasarnya berapa usia produk kamu atau berapa lama si retinol udah dibuka).

Dan, yang menarik, beberapa orang mengubah retinol menjadi asam retinoat lebih cepat daripada yang lain. Jadi tergantung pada individu lagi. Ada yang kemampuannya cepat, dan banyak juga yang lambat. Oleh karena itu, retinol adalah pekerja yang lambreta, lama sekali kerjaan dia itu.

Kamu nggak akan melihat hasil yang signifikan selama enam bulan atau lebih. Hasil bersifat kumulatif, jadi semakin lama kamu menggunakannya, semakin baik hasil yang akan kamu lihat.

Meski begitu, ingatlah bahwa sementara retinol adalah tambahan yang oke untuk anti-aging skincare atau rutinitas perawatan kulit anti-penuaan kamu, retinol bukanlah obat ajaib. Kamu mungkin enggak akan melihat perubahan yang masif.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh dari jaman dulu memang sudah menjadi pertanyaan besar.

Retinol dapat menyebabkan efek samping juga sih memang, tetapi biasanya tidak terlalu mengganggu dibandingkan dengan Retinoid. Kamu mungkin melihat kulit kamu menjadi agak pink setelah kamu pake produk retinol. Agak menyengat atau kering juga biasa terjadi, tetapi tipikalnya sangat ringan kok.

Kebanyakan orang dapat menggunakan retinol tanpa banyak masalah, tetapi jika kulit kamu tampak teriritasi, kamu harus berhenti menggunakan produk ini.

Akankah Retinol Memberikan Hasil yang Sama dengan Retinoid?

TIDAK. Meskipun mereka bekerja dengan cara yang serupa, retinol berbeda dengan Retinoid. Meskipun beberapa orang mungkin menyebut retinol versi Retinoid yang dijual bebas, mereka enggak bisa ditukar-tukar dan tidak bisa saling menggantikan.

Memang sih, secara teknis, retinol dan Retinoid melakukan hal yang sama. Tetapi retinol jauh lebih lemah daripada Retinoid karena pertama-tama ia harus diubah menjadi asam retinoat supaya kulit bisa ‘mengolahnya’. Retin-A adalah asam retinoat, sehingga dapat digunakan langsung oleh kulit segera setelah dioleskan. Dengan demikian, Retin-A jauh lebih kuat daripada retinol. Bahkan kekuatan terendah Retin-A lebih kuat dari produk retinol kekuatan tertinggi.

Bahasan tentang cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh mulai menarik, iya nggak, Sob?

Retinol kadang-kadang ditambahkan ke obat jerawat OTC, tetapi itu bukan pengobatan jerawat itu sendiri. Ini paling sering digunakan sebagai anti-aging.

Bagaimana Cara Memilih Produk yang Tepat untuk Kulit

Apakah kamu memilih retinol atau Retin-A tergantung pada apa tujuan akhir kamu. Ada manfaat dan kelemahannya masing-masing. Jika kamu ingin memberi sedikit booster pada kulitmu, ingin menghindari tanda-tanda penuaan, dan kamu enggak memiliki masalah gigantis yang perlu diatasi, retinol adalah pilihan paling praktis. Cari retinol dalam perawatan khusus seperti pelembab, krim, eye treatments, dan serum.

Di produk skin care ada berbagai bentuk retinol. Jadi saat kamu melihat daftar bahan pada krim anti-aging atau anti-penuaan itu, kamu mungkin enggak akan menjumpai si retinol. Sebagai gantinya, kamu akan melihat daftar bentuk retinol yang digunakan dalam produk tertentu: retinal, retinyl palmitate, retinyl acetate, retinyl linoleate. Semakin tinggi bahan di dalam list, artinya jumlah retinol semakin besar juga.

Jika bahannya terdaftar di urutan paling akhir, artinya kandungan retinol juga semakin rendah dan mungkin enggak akan terlalu efektif. Untuk masalah seperti jerawat, komedo, masalah pigmentasi dan garis-garis dan kerutan yang dalam, Retin-A akan ngasih kamu benefit yang lebih melimpah.

Retin-A will give you more bang for your buck ya.

Ya, ini berarti kamu mesti pergi ke apotik, tetapi dalam jangka panjang, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih dramatis dengan resep retinoid daripada kamu akan menggunakan versi yang dijual bebas di pasaran. Maka bijaklah menentukan yang terbaik untuk kamu, Sob.

Retinol bisa dijadikan langkah pertama yang ciamik sebelum beralih ke Retin-A yang lebih kuat dan mungkin efek sampingnya lebih lebih nyebelin nan njengkelin.

Kulit kamu secara bertahap menjadi terbiasa dengan retinoid saat kamu menggunakannya. Ini enggak berarti mereka tidak bekerja dengan serius; justru kerjaan mereka baik-baik aja kok. Kamu hanya akan notice efek samping seperti kekeringan dan mengelupas semakin lama semakin berkurang. Memulai dengan produk retinoid yang dijual bebas dapat ngebantu proses aklimatisasi atau menyesuaikan kulit kamu dengan retinoid topikal dan ngurangin side effects jika pada akhirnya pilihanmu jatuh pada retinoid.

Merek-merek Krim yang Mengandung Retinoid yang Bisa Kamu Beli di Apotik

  • Retin A Tretinoin
  • Vitacid
  • Quintri
  • Lumiquin
  • Vitacid
  • Refaquin
  • Retin
  • Medi-Klin
  • Reviderm
  • Nuface
  • Eudyna
  • Depigmen

Sepatah Kata dari Saya

Apapun retinoid yang kamu gunakan, tabir surya adalah suatu sebuah keharusan sunscreen is a must. Retinoid dapat membuat kulit kamu lebih rentan terhadap sunburn, karena sel-sel kulit baru di permukaan kulit kamu. Bahkan jika kamu enggak ‘terbakar’, sun damage atau kerusakan akibat sinar matahari masih aja bisa terjadi lho. Untuk melindungi kulit kamu, gunakan retinoid kamu di malam hari dan oleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap pagi, ya Darling.

Bisa jadi, kamu juga kepengen mengadaptasikan kulit kamu secara bertahap dengan treatment retinoid baru (ini adalah ide yang sangat kece jika kamu memiliki kulit sensitif).

Pada awalnya, coba gunakan produk retinol hanya dua hingga tiga kali seminggu. Ini akan ngebikin kulit kamu terbiasa dengan retinol dan memperkecil kemungkinan kamu terkena iritasi.

Perlahan naikkan sampai ke titik di mana kamu dapat menggunakan produk kamu setiap hari tanpa si kulit protes pada kamu. Retinoid pasti bisa menjadi tambahan yang helpful bingit untuk rutinitas skin-care kamu. Jika kamu perlu bantuan produk retinoid yang cucok, dokter atau dokter kulit dapat membantu kamu memilihnya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ampuh: Tretinoin Before and After

Cara-Menghilangkan-Bekas-Jerawat-Ampuh-Tretinoin
Sebelum Treatment

Takeaway: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Tretinoin adalah pengobatan jangka panjang yang efektif untuk treatment jerawat. Sementara emang nggak bisa dipukul rata, artinya, bisa jadi tidak berhasil untuk semua orang, penelitian menunjukkan bahwa tretinoin kerjanya adalah mendorong pergantian sel yang mana pada akhirnya dapat meratakan warna kulit, mengobati jerawat, dan mengurangi munculnya jaringan parut jerawat/ acne scarring. Tretinoin dapat memperburuk jerawat pada minggu-minggu awal pengobatan, tetapi dalam beberapa minggu, kamu akan melihat hasilnya kok.

Cara-Menghilangkan-Bekas-Jerawat-Ampuh-Tretinoin
Pasca memakai tretinon. Ini tanpa make up sama sekali

Apa Perawatan Terbaik untuk Melasma? Tretinoin + Hydroquinone Aja

Hydroquinone telah, dan terus menjadi standar emas dalam perawatan melasma, bercak coklat pada wajah dan bagian tubuh lainnya yang terkena sinar matahari, dan perubahan warna kulit lainnya. Mengapa? Karena efektivitas dan keamanannya.

Sekali lagi, jika digabungkan dengan sedikit Vitamin A (Tretinoin) maka kamu akan dapet koktail yang powerful untuk cell turnover/ pergantian sel dan menghadirkan kulit yang cerah. #dehemtipis.

Ada begitu banyak bukti bahwa Vitamin A (Tretinoin) 0,025%, krim 0,05% 0,1% sanggup kasih perbaikan pada beberapa tanda kulit yang rusak akibat sinar matahari. Satu-satunya efek buruk yang terkait dengan treatment ini adalah iritasi kulit dan pengelupasan ringan. Hydroquinone dapat menjadi produk yang ampuh untuk ngurangin tampilan area discolored skin atau bernoda hitam, jika digunakan di bawah bimbingan yang tepat oleh a skin care specialist a.k.a dokter kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh dan cepat sudah terjawab, kan? Udah liat foto before after aku, kan?

– Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran medis. Informasi yang terkandung di sini bukan pengganti dan tidak boleh diandalkan untuk nasihat medis profesional. Selalu bicarakan dengan dokter kamu tentang risiko dan manfaat perawatan apa pun.-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *