Tips Langsing, Kurus dan Ramping

Apple Cider Vinegar/ Cuka Apel untuk Diet

Apple-Cider-Vinegar-untuk-Diet

Apple cider vinegar atau cuka sari apel, hmm, mengapa sih, bisa sampe ngehits banget gitu? Ataukah ini bagian dari marketing gimmick? Apakah hanya mitos saja? Atau memang benar begitu adanya?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita bedah ‘dongeng’ yang beredar. Berdasarkan legenda, Apple cider vinegar mengandung berjibun nutrisi. 

Faktanya:

  1. Apple cider vinegar tidak memuat vitamin A yang melimpah.
  2. Vitamin C yang ada di dalamnya juga tak meruah.
  3. Mineral apalagi, pas-pasan aja.

Jadi, jika anggapan selama ini Apple cider vinegar menyandang banyak nutrisi, ya, itu hanya MITOS. Tetapi—dan ini tetapi yang besar—, berita super cihuynya adalah, Apple cider vinegar memiliki SESUATU YANG BAHKAN LEBIH PENTING.

By: Dokter Eric Berg

Sesungguhnya, alasan riil, mengapa Apple cider vinegar bisa meraup sukses berat, dianggap sanggup mengatasi hampir semua masalah kesehatan, adalah kaitannya dengan asam asetat/ acetic acid.

Jadi, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, ternyata rahasia si Apple cider vinegar adalah karena si asam/ an acid. Nah, memang itu banyak bertentangan dengan segambreng filosofi di luar sana.

Jika kamu punya alat pengecek tingkat asam/ basa, seperti yang ada di kantor saya, kamu akan tau, mayoritas tubuh manusia bersifat basa. Bahkan, sangat basa. Sekali sifatnya basa, maka ini akan terus berlanjut selama bertahun-tahun, kecuali, kamu mengubahnya.

Mungkin ini bagaikan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang biasa kamu dengar. Bisa jadi, kamu mendengar asumsi, bahwa tubuh manusia bersifat asam. Tetapi, itu salah.

Jika kamu bicara tentang pH, kamu harus tau bahwa, setiap organ tubuh, memiliki pH yang berbeda. Jadi, jika seseorang berkata, “kamu tuh pHnya asem banget.” Mulai sekarang jangan terlalu percaya.

Mungkin dia sedang membicarakan urinmu. Atau mungkin ngomongin tentang air liur.

Indikator pH sebenarnya harusnya ada di dalam darah. Tetapi, untuk menguji hal ini sangat sulit. Karena, sekali dia keluar dari dalam tubuh, dia akan menjadi basa sekali. Darah akan segera teroksidasi. Oleh karena itu, pHnya pun akan berubah seketika.

Jadi itu akan mahal banget.

Tapi, ada solusi lain, yaitu dengan memperhatikan gejala. Jadi, simpelnya, tanpa harus rempong, kamu cukup melihat saja.

Saya nggak tau detail tentang simptom itu. Kamu bisa meng-googling-nya.

  1. Kondisi terlalu asam dinamakan asidosis/ acidosis.
  2. Keadaan terlalu basa dinamakan alkalosis.

Kamu bisa memeriksa sendiri, apa saja gejala keduanya. Nah, silakan kamu lihat, mana yang terjadi di dirimu, berdasarkan kedua faktor tersebut.

Kondisi pH Darah akan Menentukan Situasi Kesehatanmu

Mayoritas orang memiliki pH darah yang terlalu basa.

Mengingat fakta ini, mungkin kamu menyanggah, “tapi kan seharusnya memang harus basa.”

Ya emang sih. Tapi sedikit basa saja. Bukan ultra basa. Tetapi, kebanyakan malah sangat basa. Basa yang kebablasan.

Oleh karena itu, dengan meminum apple cider vinegar, pH mu akan membaik. Kerja si Apple cider vinegar ini sungguh fantastis untuk perkara yang satu ini. Apple cider vinegar tidak akan bekerja brutal menjadikan pH darah menjadi super asam. Dia hanya mengubah sejumput saja.

Mengapa mengubah pH darah akan memberi efek besar? Karena pH sangat krusial untuk:

  1. Mengangkut mineral
  2. Enzim bisa bekerja maksimal
  3. Menstimulasi tiroid
  4. Meningkatkan metabolisme
  5. Dan lain-lain sebagainya

Apple Cider Vinegar untuk Mengobati Asam Lambung

Sesungguhnya, pH dari asam asetat sangatlah asam. Sekitar 2,5. Itu hampir sama dengan pH dari asam lambung. Dan bisa jadi bahkan lebih rendah daripada itu.

Oleh karena itu, Apple cider vinegar sangat bagus untuk perut.

Biasanya, orang akan menenggak Apple cider vinegar untuk mengobati heartburn atau nyeri ulu hati. Dan by-the-way-busway, heartburn acid reflux atau gejala nyeri ulu hati, aktualnya adalah kondisi di mana perutmu terlalu alkaline/ basa. Sehingga katup teratas tidak dapat menutup sempurna. Biasanya orang awam berasumsi, itu karena terlalu asam.

Tapi itu salah. Faktanya, jangan pernah mengobati nyeri ulu hati dengan sesuatu yang bersifat basa. Coba deh, mulai sekarang, jika mengalami nyeri ulu hati, kamu minum saja cuka apel. Dan lihat, pasti kamu akan merasa lebih nyaman, karena katup paling atas akan mulai mengatup.

Dan asam lambung nggak akan terlonjak melalui katup itu. Itulah sebabnya Apple cider vinegar bagus untuk:

  1. Nyeri ulu hati.
  2. GERD (gastroesophageal reflux disease), atau penyakit asam lambung.

Lagian, semakin usiamu menanjak, terutama di atas 50, 60, 70 tahun, pH di perutmu akan semakin naik dan naik, oleh karena itu pHnya kian basa. Dan terus saja akan menjadi lebih basa.


Apple-Cider-Vinegar-untuk-Diet
Credit: Nate Johnston by Unsplash

Sekali lagi saya tandaskan, kamu butuh lebih banyak asam seiring bertambahnya usia, agar sanggup mencerna protein dan menyerap mineral.

Mengapa, Semakin Kita Tua Maka Kita Semakin Membutuhkan Cuka (Asam Asetat)

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Dan saya akan melakukan pengulangan sampai kamu bosan. Ini dikarenakan, tubuh manusia pHnya akan semakin basa, yang mana ini terjadi pada sebagian besar umat manusia.

Oleh karena itu, dia jadi tidak dapat menyerap kalsium. Kemampuan mereka tidak akan seprima zaman muda dulu. Kebisaan dalam mengabsorpsi mineral akan terjun bebas.

Jadi, apa yang akan terjadi, terutama dengan kalsium? Nah, si mister K akan menumpuk di jaringan lunak di sekujur tubuhnya.

Oleh sebab itu, orang yang lebih sepuh akan mengalami problem the soft tissue calcification atau kalsifikasi jaringan lunak. Atau pengapuran.

Saya melihat, mereka yang semakin tua, badannya akan:

  1. Semakin kaku.
  2. Lalu mulai mengalami arthritis atau radang sendi.
  3. Bursitis.
  4. Kalsium tertimbun di mata, menjadi katarak.
  5. Tertumpuk di saraf.
  6. Menjadi batu ginjal.
  7. Menghasilkan batu empedu.
  8. Pada gigi dinamakan karang gigi. Atau tar-tar.

Semuanya itu disebabkan karena masalah pH. Segala kondisi yang saya sebutkan di atas dinamakan alkalosis.

Dan alkalosis sistemik adalah keadaan di nama seluruh tubuh terlalu alkaline/ basa.

Apa yang Harus dilakukan Selain Meminum Apple cider vinegar

Satu hal yang biasa saya kerjakan adalah memastikan bahwa saya mengonsumsi lemak baik dan vitamin, yang mana akan sanggup memindahkan kalsium keluar.

Vitamin yang biasanya membantu adalah vitamin D dan K2. Tetapi, kali ini kita akan membahas tentang potongan pH saja, dan apa saja yang menyebabkan keadaan tubuh menjadi basa.

Ini ada hubungannya dengan buku The Ciba Collection of Medical Illustrations, Vol. 4, Endocrine System and Selected Metabolic Diseases.

Itu adalah buku utama yang digunakan di sekolah kedokteran, dan merupakan buku fisiologi yang bagus, untuk ngebantuin kamu memperoleh beberapa fakta. Dan oleh karenanya, kamu jadi tahu, gimana cara tubuh kita merespons pada semua kondisi yang tersedia di lapangan.

Apple Cider Vinegar bisa Mengurangi Stres

Jadi di buku panduan kedokteran tadi, ada halaman yang berbicara tentang kortisol tinggi. Stres hormon menyebabkan kortisol menanjak, yang akibatnya membuat tubuhmu semakin basa.

Kecuali, kamu hidup di planet lain, selain planet Bumi, mungkin kamu nggak akan menderita masalah ini.

Tetapi, mayoritas manusia yang saya tau, masih tinggal di sebuah planet bernama bumi. Dan, mereka ngalamin stres, yang mana menggiring kondisi tubuh menjadi sangat basa.

Dan jika kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut, lama kelamaan, apalagi ditambah kamu meminum air basa dalam porsi luar biasa, maka, kamu bisa simpulkan sendiri apa akibatnya.

Memang nggak apa-apa sih minum sesuatu yang pada dasarnya sudah bersifat basa, tetapi jangan menambah pHnya menjadi 8 atau 9. Itu lebay.

Dan dampak lebih seram lainnya, kamu akan membuat tubuhmu menjadi semakin hamsyong. Lantas, efek samping lainnya, kamu nggak akan sanggup menyerap kalsium dan hal-hal seperti itu. Pada saat kamu basa, kamu akan kehilangan benda kecil bernama H+, dan H+ ini adalah asam.

Jadi dengan kata lain, adrenal menyebabkan kamu melepas asam melalui urin, yang mana membikin tubuhmu menjadi semakin basa.

Nah, di sinilah bagaimana efek stres akan memicu tubuh menjadi basa banget, yang mana, di beberapa jeda kemudian, akan mulai menghambat kalsium.

Dan, kini, si kalsium mulai menyumbat segala-galanya.

Apple Cider Vinegar untuk Menghilangkan Mata Berkedut di Sebelah Kiri

Dan, sekarang kamu notice kan, jika kita mulai stres, mata seringkali berkedut-kedut manja. Lol. Sebenarnya, mata berkedut dikarenakan kekurangan kalsium. Solusinya, tentu saja, kamu bisa menelan kalsium.

Masalahnya adalah, saat pH tidak tepat, maka nggak akan berpengaruh apa-apa. Oleh karena itu, mulai sekarang, jika matamu mulai ndut-ndutan, segera minum cuka apel. Dan boom! Dijamin, pH akan drop jadi akan lebih asam, sehingga kalsium bisa dimobilisasi dengan lebih ciamik.

Dan, pada akhirnya kedutan pun hilang.

Apple Cider Vinegar Jika Kamu Mengalami Kram di Betis

Cuka adalah benda ajaib untuk mengedarkan kalsium dan menumpas kram. Nyeri syaraf betis. Atau neuritis.

Terutama nyeri migrain dengan artritis. Bisa jadi sakitnya perpindah, dari sendi A, ke sendi B. OEMJI. Itu nggak nyaman. Super sakit.

Dan sekali lagi saya tandaskan, cuka adalah solusinya. Pada saat kamu mau meneguk cuka, sendimu akan sangat hepi,

Jadi, seperti yang tadi kita telah bicarakan, saat kamu menjadi basa banget, dan kehilangan segepok asam, kamu juga akan kehabisan potasium.

Apple-Cider-Vinegar-untuk-Diet
Credit: Chandra Oh by Unsplash

Alasan saya membawa-bawa potassium—yang mana merupakan tambahan ekstra mini saja—karena, saat tubuh terlalu basa, doski bertendensi akan kehilangan potassium, yang mana membuat tubuh semakin basa.

Haduh mbulet. Intinya adalah, mereka bekerja bersama-sama, nyaris tak terpisahkan.

Orang-orang di luar sana, biasanya akan berkata, “minum cuka akan meningkatkan potassium.”

Namun, sesungguhnya, bukan itu yang dikerjakan oleh si cuka. Saat kamu minum cuk cuk, kamu akan membuat tubuhmu lebih asam, akibatnya, akan membantu tubuh mempertahankan potassium di dalam. Tidak membuangnya semena-mena via urin. Dan memang harusnya seperti itu. Potassium tak boleh diobral.

Apa Bahaya Potassium Deficiency atau Kekurangan Potassium

Potasium yang rendah akan mengakibatkan:

  1. Tekanan darah Tinggi
  2. Sembelit
  3. Lemas
  4. Kelelahan
  5. Detak Jantung tidak Teratur

Nah, jika kamu mendengar klaim tentang Apple cider vinegar, mereka berkhasiat untuk tekanan darah tinggi, sembelit, lemah lesu, dan detak jantung tak reguler, itu disebabkan karena cuka bisa mengurangi terjadinya retensi dari potasium.

Maka, adanya reaksi berantai di jalan yang benar, akan terjadi, jika pH berada di level yang perfek.

Apple cider vinegar Membantu Efek Samping Makanan Tinggi Protein

Orang yang banyak menelan minuman protein. Atau melakukan diet Atkins, yang mana meneguk protein dalam level jangkung. Atau siapa saja yang sedang ngerjain pola makan hidangan tinggi protein, sesungguhnya, mereka akan menumpuk limbah protein yang bernama GUANIDINE.

Itu adalah zat kimia yang sangat-super-duper-basa-sekali. Sehingga akan menyebabkan nyeri saraf berkedut, bursitis, arthritis, dan lain-lain.

Oleh sebab itulah, pada saat kamu melakukan diet keto, dan kamu lebih banyak mengonsumsi protein, mungkin kamu akan merasa lebih kaku. Atau rematik. Atau nyeri sendi.

Maka, solusinya adalah, minumlah Apple cider vinegar. Si mister A, akan membersihkan semuanya dengan sangat manis.

Saya ulang lagi. Apple cider vinegar adalah penangkal residu dari protein berkadar luks.

Sungguh kasihan, organ liver/ hati. Dia akan bekerja sangat keras ketika protein menyerbu dalam jumlah beludak.

Dan kehadiran cuka apel menyelesaikan segalanya. Karena dia adalah tukang bersih-bersih yang cekatan. Dia kompeten sekali.

Asam dari Apple cider vinegar akan membantu:

  1. Menyerap mineral
  2. Menyalurkan kalsium dengan adil
  3. Mencerna protein tanpa limbah
  4. Membantu menambah sistem kekebalan tubuh

Apple Cider Vinegar Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Sangat Bagus di Musim Pandemic Covid-19

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa jika terserang flu kita harus menelan vitamin C porsi gigantis. Bukan hanya flu, tapi untuk infeksi virus apa pun.

Tapi sesungguhnya, itu bukan karena vitamin C. Dan biasanya, orang menganggap yang dijual di pasaran adalah vitamin C. Namun, tidak seperti yang kamu pikirkan, itu bukanlah vitamin C. Ini akan menciptakan efek besar karena nyaris semua orang bahkan nggak peduli tentang itu. Mereka biasanya mengonsumsi vitamin C look-like atau mirip vitamin C, a.k.a vitamin C palsu.

Hal yang nggak terlalu tepat adalah saat benda itu dinamakan dengan asam askorbat. Saya tau bahwa sebagian besar orang tidak setuju dengan pernyataan ini.

Gini, lho. Vitamin-C-kompleks dibuat dari vitamin-C-sintesis. Yaitu dari asam askorbat dan tepung jagung.

Hal pertama yang harus kita sorot adalah, semua jagung tidak mempunyai vitamin C. Tidak ada kandungan vitamin C dalam pati jagung. Tidak ada vitamin C dalam asam askorbat. Tidak ada satu pun yang memperhatikan bahwa dua benda yang tidak mempunyai vitamin C, kemudian dicampur menjadi satu, dan membuatnya menjadi asam askorbat. Lalu dengan pedenya, berpikir itu adalah vitamin C.

Jelas itu adalah vitamin C palsu.

Manfaat sebenarnya dari vitamin C atau asam askorbat adalah asam. Kini, jelas kan, bahwa kamu lebih baik meminum asam asetat untuk memperkokoh kekebalan tubuhmu.

Jika kamu mengalami:

  1. Flu
  2. Demam
  3. Infeksi virus

Mungkin sebaiknya kamu melirik cuka apel. Ini sangat krusial.

Jadi faedah sesungguhnya dari cuka, karena akan mengimbangi pH tubuh yang basa.

Apple Cider Vinegar untuk Menurunkan Berat Badan Jika Diminum Teratur

Saya punya ramuan khusus tentang ini. Dinamakan minuman cranberry.

Ini sangat mudah. Dan membantumu melangsing. Jika kamu meminumnya tiga kali sehari, kamu akan kehilangan lemak tubuh lebih signifikan, karena cuka:

  1. Merangsang tiroid
  2. Mengasamkan lambung

Apalagi jika metabolisme tubuhmu sangat lambat. Ini sangat direkomendasikan.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Cuka apel (dua sendok teh)
  2. Jus cranberry (pastikan hanya cranberry tanpa tambahan gula dan buah-buahan lainnya), sebanyak satu sendok teh juga.
  3. Jus lemon atau kucuran lemon
  4. Jahe
  5. Segelas air

Sebagian mengatakan bahwa tidak baik meminum air sebelum makan. Tapi ramuan ini membantu asam lambung. Jadi jangan khawatir. Minum itu sebelum makan, dan buktikan sendiri khasiatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *