Tips Cantik

Cara Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Obat

Cara-menghilangkan-kantung-mata

Cara menghilangkan kantung mata bisa dengan cara alami? Mungkin tanpa operasi? Bisa musnah selamanya? Bisa tanpa obat? Masa, sih? Mungkin begitu pertanyaan di kepalamu.

Siapa di sini yang merasa muak dengan kehadiran si kantung mata dan lingkaran hitam? Saya merasa, bahwa kehadiran si mata panda ini membuat kita:

  1. Tampil lebih tua.
  2. Tampak lelah.
  3. Dan secara umum, mengurangi estetika.

Sejujurnya, alasan saya membuat tulisan kali ini, karena saya pusing-tujuh-puluh-keliling karena kantong yang tak ada faedahnya ini semakin menjedol dari hari ke hari.

Menurut dokter Berg, irisan mentimun atau krim mata tidak berguna untuk jangka panjang. Karena problem di area matamu menunjukkan masalah internal. Organ dalam. Terutama urusan ginjal.

Menurut beliau lagi, jika ia sedang berjalan di trotoar dan melihat ke arah mata orang-orang di jalanan, nyaris semuanya memiliki mata bengkak. Jadi, hampir semuanya punya persoalan di ginjal.

Tapi, siapa sih dokter Berg. Apakah penjelasan beliau bisa dipercaya? Well, saya sih sudah membuktikannya sendiri, sejak saya mematuhi saran dari beliau, kantung mata saya jauh jauh jauh lebih kempes dibandingkan dulu. Jadi, sebelum saya menuliskan kembali tuturan beliau, saya bereksperimen dengan diri sendiri. Seperti biasa, jika kamu lebih nyaman menonton channel youtubenya, kamu bisa klik di sini. Tetapi, jika kamu menjadi lebih paham jika telah diterjemahkan ke bahasa, silakan dilanjutkan membaca tulisan saya ini. Tanpa berpanjang cerita lagi, untuk lebih jelasnya, mari kita mendengarkan uraian beliau.

Cekidot.

Jadi pemirsa, jika kamu memiliki problem ginjal, maka biasanya, hatimu juga ‘berkasus’. Biasanya, kesulitan mereka hampir semuanya sama. Kamu enggak mungkin memiliki ginjal yang sehat, tapi liver yang sakit. Ataupun sebaliknya. Karena keduanya selalu bekerja sama, atau dengan kata lain, senantiasa saling berhubungan satu sama lain.

Tapi ginjal berfungsi sebagai detoksifikasi. Atau alat pembersih racun. Pada dasarnya, doski menampung seluruh darah, dan memfilternya. Seperti penyaring minyak. Hanya saja, ginjal berfungsi sebagai perangkat “pengayak” darah.

Kantung Mata Menunjukkan Ginjal sedang ‘Membanting-Tulang’. Mengapa ginjal bisa bekerja sangat keras?

Jadi AADG—Ada Apa Dengan Ginjal—. Beberapa alasan di bawah inilah yang menyebabkan ginjalmu soak. Yaitu:

  1. Kamu mengonsumsi protein matang dalam jumlah gadang
  2.  Alkohol
  3. MSG
  4. Gula

Kantung Mata Disebabkan Karena Konsumsi Protein yang Hiper

Katakanlah, kamu semalam abis makan dan mengisi piring dengan dengan ceker ayam sampai menggunung. Plus, kamu enggak menelan sayuran sama sekali. Yang mana, si ginjal tidak bisa menahan asupan protein yang sangat melimpah. Dan pada akhirnya berubah menjadi kristal asam urat dan limbah yang berlebihan. Karena pada dasarnya, tubuh tidak dapat memproses protein melebihi jumlah tertentu. Jadi, apa pun yang berbau ekstra, pada akhirnya, akan membebani ginjal dan hati. Jadi, protein jelas akan mengacaukan si ginjal, jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Jadi, berapa, sih, protein yang kamu butuhkan? Hanya tiga sampai dengan enam ons aja, Sob. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa sebetulnya kebutuhan kamu hanyalah sedikit. Kamu enggak butuh banyak protein. Dan jangan lupa, tambahlah porsi sayuranmu.

Orang yang memiliki kantung mata biasanya mempunyai kebiasaan jarang makan sayur. Bisa jadi juga merupakan tanda level potassium di dalam tubuh. Lagi pula, jika di dalam tubuhmu tertimbun potassium dan sodium, mereka akan kerja bareng, yang akibatnya nyebabin retensi cairan, dan, kemudian, pada akhirnya, akan membentuk sodium yang berlebihan.

Memang, sih, ini enggak akan jadi kendala jika kamu memiliki jumlah potassium dalam jumlah wajar. Mengapa? Karena akan dibuang dalam bentuk sodium, lantas, akan dienyahkan melalui cairan.

Namun, sayangnya, mayoritas orang telah membalikkannya. Mereka malah mengubah sodium ke potassium empat kali lebih hebat. Dan, sialnya, ini seperti pengunci air. Kamu akan melihat adanya pitting edema di pergelangan kaki mereka.

Namun, sesungguhnya, dalam kondisi ini, sayuran bisa menyelesaikan masalah. Dan kamu enggak akan mendapatkan hal yang sama dari protein.

Credit: Unsplash by Rezel Apacionado

Cara Menghilangkan Kantung Mata: Kurangi Alkohol

Suatu benda yang kedua, yang akan membuat kantung matamu membengkak adalah alkohol. Percayalah, dia akan mengacaukan ginjalmu. Organ livermu juga enggak akan berfungsi normal, yang mana akan membuahkan adanya kantung mata.Sayangnya, banyak orang berasumsi bahwa meminum alkohol secara teratur adalah hal yang lumrah.

Biasanya, mereka menenggak sebotol atau dua botol anggur per hari. Dan mungkin kamu juga berasumsi bahwa itu kebiasaan yang wajar.

Lalu, pertanyaan besar yang akan muncul adalah, apakah kamu bisa menghapus kebiasaan itu? Dan, jika jawabannya adalah kamu enggak sanggup menghapus alkohol dari kehidupanmu, maka, kamu udah bisa dikategorikan sebagai pecandu.

Mono Sodium Glutamat alias Mecin

Lalu, ada yang lain, yaitu MSG (Mono Sodium Glutamat), yang mana nyaris hadir di semua masakan Indonesia. Dan kadang kita tidak sadar telah menelan MSG dalam kadar semampai. Seringkali, mereka menyembunyikannya sebagai makanan pati dimodifikasi yang mengandung banyak natrium tetapi tidak asin. Jadi kamu akan merasa sangat haus dan ingin segera banyak minum.

Dengan dorongan sedahsyat itu pasti kamu ingin segera minum dong. Lantas, kamu pun menenggak air sebanyak-banyaknya, dan area di bawah matamu jadilah penahan air. Itulah salah satu penyebab timbulnya kantung mata. Dan, karena sifatnya sebagai penyedap rasa, efek samping lain yang akan kamu alami adalah adanya kenaikan insulin.

Gula dan Junk Food

Lantas, jenis makanan lain yang harus kamu waspadai adalah gula dan junk food. Ginjalmu pasti akan menjadi kacau. Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah, jadi sebenarnya kita membutuhkan berapa milligram potassium sih? Hanya 4700 miligram, yang mana setara dengan tujuh sampai sepuluh cangkir sayuran. Tetapi, nyaris setiap saat saya mendengar orang-orang akan berkata, “saya enggak mau potassium terlalu banyak lah, karena saya denger bisa merusak ginjal.”

Jadi saudara-saudara, perkenankan saya ngasih tau sebuah fakta. Ginjalmu akan baik-baik aja kok. Jangan khawatir.

  1. Kecuali kamu sedang menjalani dialisis ginjal.
  2. Atau, kamu berada di tahap mempunyai ginjal yang benar-benar super buruk.
  3. Or, mengalami gagal ginjal stadium akhir.

Faktanya, bahwa potassium menjaga ginjal, bukan malah memperburuk ginjal. Jadi, sekali lagi, pada dasarnya kita membutuhkan potassium untuk melindungi ginjal.

Jika kamu mengalami gagal ginjal, kamu enggak akan sanggup memproses potassium, dan kadarnya akan terus meningkat, sampai di satu titik, kamu enggak sanggup menyingkirkannya. Sesungguhnya, kamu membutuhkan sangat banyak potassium, tetapi, tubuhmu pasti akan sanggup membuang potassium setiap hari kok.

Dan, jika ginjalmu enggak berfungsi, maka itu akan berakhir dengan banyak potassium di tubuhmu. Yang mana, ini super berbahaya bagi livermu. Dikarenakan tubuh enggak lagi sanggup melakukan analisis, maka, potassium enggak baik untuk penderita gagal ginjal.

Tetapi, hal yang keren adalah, bahkan kita enggak perlu meminum suplemen untuk memperbaiki masalah ini. Kita hanya menerimanya dari sayuran. Jadi, dijamin, ini akan lebih aman.

Cara Menghilangkan Kantung Mata: Pangkas Gula Darah Tinggi

Penyebab lain dari adanya kantung mata bisa juga karena gula darah. Jadi, penderita insulin resisten hipoglikemik atau diabetes juga biasanya memiliki kantung mata. Mengapa bisa begitu? Karena si gula ini menyebabkan air yang seharusnya terbuang malah tertahan di kantung mata, atau dengan kata lain terjadi adanya retensi.

Dan juga bisa tertahan di:

  1. Pergelangan kaki
  2. Tangan
  3. Dan, di bawah mata.

Lalu, apa dong solusinya? Gampang banget. Kamu hanya cukup mengonsumsi 3 hingga 6 ons protein setiap kali kamu makan. Jangan menyantap protein banyak-banyak. Tapi jangan menghilangkan 100%. Mengapa? Karena kebutuhanmu hanyalah 7 cangkir sayuran. Seperti yang udah dibahas tadi.

Beneran, itu enggak sulit kok. Bisa jadi, kamu perlu sayuran porsi jumbo. Namun, enggak apa, tetap saja itu adalah awal yang bagus. Itu akan memperbaiki gula darah, dan ngebantu regulasi insulin dengan sendirinya. Kemudian, kita butuh sedikit lemak sehat, agar tubuh bisa berfungsi dengan normal.

Lalu, hilangkan kebiasaan ngemil.

Cara Menghilangkan Kantung Mata: Makan Sayur

Jadi, sejauh ini, penyebab kantung mata bisa eksis di wajahmu karena mungkin kamu kurang makan sayur. Dan, salah satu makanan terbaik untuk penderita ginjal adalah kacang merah. Sungguh ini adalah sebuah kebetulan. Karena kacang merah memang berbentuk seperti ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *