Ingin Awet Muda? Baca Dulu tentang Penuaan (Aging) itu Apa Sih?

Sumber Gambar

Juan Ponce de Leon (1460-1521) adalah seorang Conquistador Spanyol legendaris, sama seperti pemuda di zamannya, mencari ketenaran dan kekayaan dengan jalan mengeksplorasi ‘Dunia Baru’. Sebelum menjadi gubernur di Puerto Rico selama 2 tahun, dia menetap di Hispaniola (sekarang Republik Dominika), kemudian, dia digantikan oleh anak Christopher Columbus yang bernama Diego.

Orang-orang menyangka, bahwa ia telah mendengar dongeng mistis dari orang lokal tentang ‘fountain of youth’  atau ‘air mancur keabadian untuk muda selamanya’, oleh karena itu, dia terpaksa berlayar sekali lagi.

Masyarakat berasumsi dia mendarat pada tahun 1513 dekat dengan kota St. Augustine di sekitar timur laut Florida, setelah itu, ia sibuk mengembara nyaris di seluruh kota Bahama. Dia kemudian menamakan penemuan anyar ini dengan nama Florida, diambil dari Bahasa Spanyol, yaitu florido yang artinya penuh bunga.

Sumber Gambar

Tetapi, sampai dia meninggal, dia nggak juga menjumpai ‘fountain of youth’ atau mata air awet muda, mata air elusif, meski dia telah melanjutkan eksplorasi ke seluruh Florida Keys dan Florida Coast.

By: Dokter Jason Fung (What is aging?)

Ini termasuk well-known story atau kisah popular yang hanya fiksi total 100%. Lucunya, Ponce de Leon di dalam tulisannya, tidak menyebutkan mata-air-awet-muda, dan penjelajahannya yang penuh gairah dan pantang menyerah ini, kayaknya lebih cocok untuk bikin orang semangat jalan kaki aja.

Alasan sesungguhnya, sepertinya, sih, untuk menjaring emas, menemukan tanah untuk  dikolonisasi, dan menyebarkan agama Kristen. Namun, legenda ini berdenging selama puluhan tahun, mungkin karena gagasan tentang zat mistis adanya sumber air awet muda ini powerful banget. Ini berarti bahwa semua orang kepingin kekal-dan-awet-muda, dong.

Sumber Gambar

Pertanyaan selanjutnya adalah, sebenarnya, apa, sih, penuaan itu? Secara insting, semua tau apa artinya menjadi tua, tetapi secara sains, untuk bisa men-tackle semua problematika, kita butuh definisi yang akurat.  Kita bisa melihat arti kata tua dengan setumpuk cara pandang yang berbeda-beda.

Manifestasi Penuaan adalah Adanya Perubahan Penampilan

Rambut berwarna abu-abu, keriput, dan ‘metamorfosis’ superficial lainnya merupakan sinyal yang me-lambari-nya. Mungkin, ini merupakan cerminan adanya perubahan fisiologi, misalnya penyusutan produksi pigmen folikel rambut atau elastis kulit yang memburuk. Memang, sih, transisi penampakan ini bisa diubah dengan operasi kosmetik, tetapi nggak bisa memermak fisiologi yang menjadi fondasi krusialnya

Menua bisa Ditafsirkan Karena Adanya Fungsi Tubuh yang Hilang

1. Seiring bergulirnya waktu, kesuburan pada wanita akan melandai sampai akhirnya stop total—menopause—dan proses ini ditentukan banget oleh usia.

Sumber Gambar

2. Tulang melemah sehingga menghebatkan risiko patah tulang seperti fraktur pada tulang pinggul, yang mana jarang terlihat pada anak muda.

3. Otot menjadi letoi juga, ini menjelaskan mengapa atlet dan binaragawan biasanya masih muda.

Jika dilihat pada level seluler dan molekuker, respons terhadap hormon juga meredup sejalan dengan merayapnya usia

Mitokondria, komponen seluler substansial yang memproduksi energi dan umumnya dikenal sebagai “pembangkit tenaga sel”, menjadi kurang efisien dan nggak sanggup membikin energi. Menukiknya efisiensi tubuh yang menua menelurkan stadium penyakit yang lebih banter. Bertambahnya usia secara eksponensial menumbuhkan risiko penyakit kronis dan kematian. Serangan jantung, misalnya, hampir tidak ada pada anak-anak, tetapi sering terjadi pada orang sepuh.

Sumber Gambar

Humans face “a wall of death”. Manusia menghadapi “tembok maut”. Sebenarnya, menjadi tua bukanlah penyakit, tetapi menaikkan probabilitas penyakit lain, yang mana, di usia tua ini, mereka merupakan target terbaik untuk membuat penyakit kronis merajalela. Usia, dengan kronologis tahun, memang nggak bisa diganggugugat, tetapi, tua, secara fisiologi tidak berdasarkan usia.

The cornerstone atau landasan vital untuk kesehatan dan umur panjang adalah nutrisi, ini berdasarkan Hippocrates—bapak pengobatan kuno dari zaman Yunani. Zaman itu, kelaparan yang menyebabkan kurang gizi mungkin merupakan salah satu The Horsemen of The Apocalypse atau Penunggang Kuda Kiamat, sementara problematika di dunia modern terdiri dari:

  1. Obesitas.
  2. Resistensi insulin, dan.
  3. Diabetes.

Karakternya podo bae, sama-sama mematikannya. Di kedua kasus tersebut, makanan memegang peran sangat penting untuk mempromosikan atau mencegah seluruh problem yang eksis. Autophagy, adalah nama mekanisme untuk memperbaiki sel yang rusak.

Sumber Gambar

Di dunia kedokteran, hadiah nobel tahun 2016 diberikan pada Yoshinori Ohsumi pada penemuannya mengenai mekanisme autophagy, dan kita wajib menggarisbawahi bahwa ini adalah proses yang sangat krusial.

Dalam sistem mengontrol kualitas, autophagy, memegang peranan nomor wahid. Prosesnya itu sendiri melibatkan organel, lantas, bagian dari seluler ini akan dipecah dan didaur ulang secara periodik. Sel harus me-replace organelnya secara teratur untuk mempertahankan fungsi normal, ini sama aja kayak mobil yang butuh penggantian oli, filter, sabuk kipas secara regular.

Sumber Gambar

Tubuh akan memastikan organel tua akan di-remove dan digantikan dengan yang baru, ini terjadi ketika organel seluler melewati masa kadaluwarsanya, tujuannya supaya kerusakan residual nggak menghambat fungsi. Ternyata, prosedur yang mengendalikan kerusakan ini sangat-sangat-dipengaruhi-sekali oleh makanan yang kita santap, ini adalah kunci penemuan di seperempat abad terakhir. But why do we age at all? Tapi mengapa kita menua?

Evolusi nggak peduli jika Anda bertambah tua


Evolusi via seleksi alam bekerja di level gen, bukan pada organisme individual. Maksudnya bagaimana? Kita semua membopong ribuan gen yang berbeda, lantas mewariskannya pada anak-anak kita. Gen yang paling cocok untuk lingkungan mereka akan bertahan lebih baik, lalu, akan memproduksi lebih banyak keturunan. Seiring bertambahnya waktu, gen-gen yang bermanfaat ini menjadi menyebar luas di populasi. Apakah yang sangat menentukan impak gen terhadap populasi? Usia.

Sumber Gambar

Gen yang mengalami hal fatal pada usia 10 (sebelum mendapatkan anak), bisa dieliminasi dengan mudah dan cepat dari populasi, karena orang yang membawa gen itu nggak akan menurunkannya pada anak-anak. Orang yang mempunyai gen yang fatal pada usia 30, tetap bisa diemilimasi (meski lebih lambat), karena orang-orang tanpa gen buruk bisa punya anak lebih banyak.

Orang yang mempunyai gen fatal pada usia 70 mungkin nggak pernah bisa dieliminasi, karena, mungkin, gen tersebut telah diturunkan pada generasi selanjutnya, jauh sebelum ia memanifestasikan efek yang mematikan itu.

Perang melawan kerusakan akibat penuaan, dengan demikian, dianggap sebagai pertikaian melawan alam, jika dilihat dengan kaca mata ini. Jadi, proses penuaan adalah hal yang alami, walaupun derajat dan kecepatannya bervariasi.

Cara hidup dan makan yang selaras dengan alam sepenuhnya, nggak mencegah penuaan. Alam dan evolusi nggak peduli tentang sepanjang apa umur Anda, yang menjadi prioritas adalah bagaimana si gen bisa bertahan. Dalam arti tertentu, kita harus melihat melampaui alam untuk memperlambat atau mencegah penuaan.

Penuaan dan penyakit

Hampir tanpa preseden dalam sejarah umat manusia, anak-anak sekarang berumur lebih pendek dibandingkan orang tua mereka, ini hal yang mengejutkan. Lucunya, pada abad 20, kita telah menyaksikan kemajuan besar di bidang kedokteran dan kesehatan yang secara signifikan telah meningkatkan harapan hidup rata-rata.

Sumber Gambar

Syukurnya, akhir-akhir ini, ancaman epidemi penyakit kronis ini mulai diperlambat dan dibalikkan, hal ini berdasarkan enviable record atau catatan yang patut ditiru. Dengan kemajuan bidang sanitasi dan obat-obatan, penyakit menular, yang mana merupakan penyebab utama kematian pada era sebelum industri modern, bisa dihilangkan.

Pada tahun 1900, harapan hidup untuk pemuda Amerika adalah 46 tahun, sementara perempuan adalah 48 tahun, mayoritas disebabkan karena tingginya kematian bayi dan anak-anak. Namun, jika mereka sanggup bertahan sampai dewasa, mereka bisa mempunyai kesempatan hidup sampai usia yang lebih tua.

4 top besar penyebab kematian pada tahun 1900, semuanya karena infeksi:

  1. Pneumonia.
  2. Flu.
  3. TBC.
  4. Infeksi saluran cerna.

Rentang usia menjadi tidak penting, dan penyakit infeksi ini bisa menyerang anak-anak dan orang tua yang memang sudah rentan. Tetapi, situasi hari ini sangat berbeda.

Sementara zaman now, penyebab utama kematian adalah:

  1. Penyakit kardiovaskuler.
  2. Kanker.

Keduanya, sangat berkaitan dengan usia tua. Contohnya, penyakit kardiovaskuler—serangan jantung dan stroke—adalah penyebab kematian nomor 1 di Amerika, dan menyumbang 1 dari 7 kematian, dan kuantitasnya bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Anak-anak jarang mengalami serangan jantung, namun pada usia 65, mayoritas pria memiliki penyakit kardiovaskular, wanita? 85 tahun.

Sumber Gambar

Untuk kanker? Kasusnya sama aja. Anak-anak dan remaja, hanya 1% saja untuk kasus kanker setiap tahun. Orang dewasa yang berusia 25 hingga 49 tahun menyumbang sekitar 10%, sementara orang usia 50 ke atas, potensi kankernya sekitar 89%.

Penyakit lain yang jelas terkait dengan penuaan adalah:

  1. Katarak.
  2. Osteoporosis.
  3. Diabetes tipe 2.
  4. Alzheimer.
  5. Parkinson.
  6. Ginjal.

Penyakit yang bersinggungan dengan penuaan ini bertanggungjawab sekitar 2/3 dari 150.000 orang yang meninggal di dunia nyaris setiap hari. Ini adalah penyakit yang merajai hampir semua orang di bawah usia 40 tahun.

Sumber Gambar

Proporsi manusia yang meninggal karena penyakit akibat penuaan mendekati angka 90%, di negara-negara industri maju. Ketika pengobatan modern menaklukkan atau memangkas banyak penyakit menular seperti cacar, salah satu konsekuensi dari keberhasilannya sendiri adalah populasi yang menua dengan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi seperti kanker, penyakit kardiovaskular, gangguan autoimun, dan diabetes. Tapi itu bukan keseluruhan cerita.

Munculnya obesitas dan epidemi diabetes tipe 2 yang tampaknya tak terhentikan dan tak tertandingi menempatkan risiko kanker dan penyakit jantung di urutan paling puncak.

Tetapi, tenang aja, ada setumpuk modifikasi pola makan dan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk menelungkupkan risiko penyakit kronis ini.

Sumber Gambar

Penuaan adalah akumulasi kerusakan sel yang berjalan lambat karena melandainya kapabilitas tubuh untuk merombaknya. Ini melantarkan taraf peradangan yang inferior, sehingga karakteristik penuaan yang disebut “radang”. Stres oksidatif, suatu kondisi di mana radikal bebas mengalahkan sistem antioksidan internal tubuh, melambung seiring bertambahnya usia. Namun sekali lagi, Anda dapat membuat perubahan gaya hidup hari ini sehingga peluang tua-tapi-sehat bisa menjulang.

Anda dapat menumbuhkan, nggak hanya masa hidup Anda, tetapi ‘healthspan’ atau  ‘kesehatan Anda’.

Nggak ada yang sudi menghabiskan tahun-tahun terakhir mereka dengan posisi rapuh, sakit dan di panti jompo. Pencegahan penuaan adalah hidup sehat sepanjang tahun yang lebih makro, bebas dari penyakit dan kedaifan lain akibat usia tua, plus juga kuat dan energik, bonus lain, antusiasme untuk hidup dan living. Umur jenjang berarti MEMPERPANJANG USIA MUDA, bukan memperlama usia tua.

Postingan selanjutnya adalah, makanan apa aja yang bisa membuat Anda lebih muda.